SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus Corona. (Bisnis-Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah 65 kasus virus corona terjadi di kalangan anggota staf Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang berbasis di kantor pusatnya, termasuk lima orang yang bekerja di tempat itu dan melakukan kontak satu sama lain.

Demikian menurut isi email internal yang beredar, seperti dilansir dari SCMP.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Badan Kesehatan PBB itu menyatakan sedang menyelidiki bagaimana dan di mana lima orang itu terinfeksi dan belum menentukan apakah penularan terjadi di kantornya.

Hari Ini Dalam Sejarah: 17 November 1810, Swedia Deklarasikan Perang ke Inggris

Konfirmasi WHO pada Senin (16/11/2020) atas angka-angka dalam email tersebut adalah kali pertama di depan publik.

“Sepengetahuan saya, cluster yang sedang diselidiki adalah bukti pertama dari potensi penularan di situs WHO,” kata Dr Michael Ryan, kepala darurat badan tersebut.

Email tersebut mengatakan sekitar setengah dari infeksi yang tercatat sejauh ini terjadi pada orang-orang yang bekerja dari rumah.

Cermati! Zodiak-Zodiak Ini Bisa Jatuh Cinta demi Uang

Tetapi 32 orang bekerja di lokasi di gedung markas, di mana ada lebih dari 2.000 orang bekerja. WHO mengatakan telah memberlakukan kebersihan yang ketat, penyaringan, dan tindakan pencegahan lainnya.

Dalam email, yang dikirim ke staf pada hari Jumat, Raul Thomas, yang mengepalai operasi bisnis di WHO, mencatat bahwa lima orang, dimana empat orang berada di tim yang sama dan satu orang yang melakukan kontak dengan mereka telah dinyatakan positif Covid-19.

Itu bisa menunjukkan bahwa pengendalian infeksi dasar dan prosedur jarak sosial yang diterapkan mungkin kurang diterapkan.

“Kami memiliki beberapa kasus yang telah dikaitkan dengan tempat tersebut. Kami memiliki beberapa kasus dalam seminggu terakhir yang saling terkait,” kepala teknis WHO untuk Covid-19, Maria Van Kerkhove, mengonfirmasi pada hari Senin.

Penyelidikan Epidemiologi

Dari kasus terkait, dia menambahkan ada kemungkinan cara di mana mereka terinfeksi di luar tempat. Jadi mereka masih melakukan penyelidikan epidemiologi.

Dua pekan lalu, Van Kerkhove mengatakan belum ada transmisi di markas besar hingga saat itu, tetapi menambahkan bahwa badan tersebut sedang memantaunya.

WHO, yang mengkoordinasikan respons global terhadap pandemi, sebelumnya mengatakan bahwa anggota staf telah terinfeksi tetapi tidak pernah memberikan nomor atau rinciannya.

“Sesuai protokol standar, rekan-rekan ini menerima perhatian medis yang diperlukan dan memulihkan diri di rumah,” kata email tersebut pada hari Jumat.

Viral Video Pria Barter Mobil Avanza dengan Tanaman Hias

Menurut email tersebut, 49 dari keseluruhan kasus telah terjadi dalam delapan minggu terakhir, “jadi sangat sejalan dengan situasi yang dilaporkan di Jenewa dan sekitarnya”.

Dia menambahkan jumlah kasus yang lebih tinggi di antara mereka yang melakukan telework kemungkinan tidak dilaporkan.

Pengungkapan itu muncul di tengah lonjakan kasus di Eropa, negara tuan rumah Swiss, dan kota Jenewa, khususnya.

Presiden Peru Mundur Setelah Dua Pengunjuk Rasa Tewas

Email tersebut tidak menyebutkan siapa yang terinfeksi.

Email Thomas dikirim setelah pejabat WHO lainnya menyuarakan kekhawatiran bahwa orang-orang yang telah melakukan kontak dengan kelompok tersebut masih bekerja di gedung Jenewa dan berpotensi membuat orang lain terpapar Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya