6 Tips Mencegah Kulit Kering Saat Puasa
Solopos.com|lifestyle

6 Tips Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Ketahui penyebab kulit kering saat puasa.

Solopos.com, SOLO--Selain tubuh terasa lemas, keluhan lainnya adalah kulit kering saat puasa. Nah agar terhindar dari masalah ini ketahui tips untuk mencegahnya ya.

Mengapa masalah kulit kering ini bisa terjadi saat puasa? Sebab saat kita berpuasa kita menahan haus dan lapar selama sekitar 13 jam sehari. Akibatnya tubuh rentan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Bagaimana cara mencegahnya? Simak ulasannya di tips kecantikan kali ini. Ketahui cirinya yaitu muncul garis-garis halus dan kerutan menjadi lebih jelas. Terlebih lagi saat sedang puasa, kulit sangat rentan menjadi kering.

Baca Juga: Bolehkah Berpuasa Saat Masuk Angin? Simak Ulasannya

Nah, agar Anda tak mengalaminya, berikut ini tips mencegah kulit kering saat puasa sebagaimana melansir klikdokter, Jumat (16/4/2021) :

1. Hindari  makanan berminyak

Saat berbuka kita cenderung ingin makan makanan berminyak. Padahal makanan berminyak bisa picu kulit kering saat puasa. Minyak akan membuat tubuh membutuhkan lebih banyak cairan dan membuat dehidrasi lebih cepat. Oleh sebab itu, hindari juga makan gorengan.

2. Kurangi konsumsi susu, soda dan kafein

Faktanya, soda hanya dapat diserap oleh tubuh sebesar 20-30 persen, sedangkan jus buah dapat diserap hingga 50-60 persen. Nah untuk cegah kulit kering selama puasa, lebih baik pilih air putih atau jus.

Baca Juga: Kenali Tanda Masker Perlu Diganti

3. Menggunakan pelembap kulit

Pakailah pelembab untuk mencegah kulit kering saat puasa (Freepik)
Pakailah pelembap untuk menjaga kelembapan tubuh (Freepik)

Selain menjaga kadar cairan dalam tubuh, penting juga menggunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Anda dapat menggunakan pelembap setelah mandi dan sebelum tidur.

Selain pelembap, Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang dapat memberikan vitamin untuk cegah kulit kering saat puasa.

4.  Lakukan perawatan kulit secara rutin

Untuk hasil maksimal, lakukan juga perawatan skrub kulit sepekan  sekali untuk mengangkat sel kulit mati. Gunakan bahan skrub yang lembut di kulit, sehingga tidak mengiritasi kulit. Anda dapat memilih skrub yang mengandung vitamin E, madu, alpukat dan zaitun dapat membuat kulit lebih lembut dan lembap.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Bisa untuk Cegah Batu Ginjal

5. Perbanyak konsumsi air putih

Perbanyak konsumsi air putih bisa mencegah kulit kering saat puasa. Konsumsi air putih minimal sekitar 8 gelas dalam sehari. Saat puasa, kebutuhan minimal ini mungkin sulit terpenuhi. Tapi, Anda dapat berusaha untuk memenuhi kebutuhan air minum harian tersebut saat berbuka puasa, sahur dan sebelum tidur. Ketika tubuh cukup mendapatkan cairan, kulit juga akan terjaga kelembapannya.

6. Perbanyak konsumsi omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih cerah. Sumber asupan omega-3 adalah ikan salmon, sardin, udang, kerang, flaxseed, biji chia, kacang walnut, kacang kedelai dan lainnya.

 




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago