SOLOPOS.COM - Warga berada di Alun-Alun Krida Bakti Wonogiri, belum lama ini. Alun-alun mulai dikunjungi warga setelah akses menuju lokasi dibuka, penerangan jalan umum (PJU), dan lampu alun-alun dinyalakan, sejak beberapa pekan lalu.(Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Di bawah ini terdapat rekomendasi tempat atau objek wisata di Wonogiri, Jawa Tengah, yang baru hit di media sosial.

Kabupaten yang terletak di selatan Kota Solo ini mempunyai beragam tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Promosi Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Baca Juga: Cerita Asli Lengkap Layangan Putus Versi Mommy ASF yang Sempat Viral

Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, hingga wisata edukasi ada di kabupaten yang kini dipimpin oleh Bupati Joko Sutopo ini.

Lalu, kira-kira apa saja sih tempat wisata yang hit di Wonogiri?

Baca Juga: Layangan Putus Episode 6: Kinan Jebak Lydia, Bom Waktu Akhirnya Meledak

Berikut ini enam di antaranya, bersumber dari situs resmi Pemkab Wonogiri dan berita yang pernah tayang di Solopos.com.

Tempat Wisata di Wonogiri

1. Waduk Gajah Mungkur

Objek Wisata Watu Cenik menyuguhkan panorama yang indah, yakni Waduk Gajah Mungkur (WGM) yang terbentang sangat luas dan perbukitan berselimut tumbuhan berwarna hijau. (Solopos/Rudi Hartono)

Enggak sah kalau ke Wonogiri belum ke tempat wisata satu ini. Pasalnya, Waduk Gajah Mungkur ikon dari kabupaten yang dijuluki sebagai kota gaplek ini.

Objek wisata yang berlokasi di Desa Sendang, Wonogiri ini mempunyai beragam fasilitas yang bisa dicoba oleh wisatawan. Beberapa di antaranya, wisata perahu, spot memancing, wahana wisata air waterboom, hingga paralayang.

Di sini, kamu juga bisa menikmati makanan dengan pemandangan yang begitu apik mengarah ke Waduk Gajah Mungkur.

Baca Juga:  Ini Dia Gereja Tertua dan Pertama di Kota Solo

2. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan di Desa/Kecamatan Paranggupito, Wonogiri
Pantai Sembukan di Desa/Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Kamis (18/2/2021). (Solopos-M. Aris Munandar)

Tempat wisata berikutnya yang bisa kamu kunjungi saat ke Wonogiri ada Pantai Sembukan.

Lokasinya berada di Desa Sembukan, Kecamatan Paranggupito atau sekitar 46 kilometer dari pusat kota Wonogiri. Pantai Sembukan terbilang unik karena berada di area tebing karang yang curam.

Di sini, kamu juga bisa menikmati Pantai Sembukan dari atas. Dijamin, pemandangan dari atas sungguh bisa bikin mata melek hlo!

Baca Juga:  Lokalisasi Silir, Jejak Sejarah Bisnis Prostitusi di Kota Solo

3. Air Terjun Girimanik

Sejumlah orang berfoto di dekat Air Terjun Girimanik di Kecamatan Slogohimo. Foto diambil Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri beberapa waktu lalu. (JIBI/Istimewa)
Sejumlah orang berfoto di dekat Air Terjun Girimanik di Kecamatan Slogohimo. Foto diambil Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri beberapa waktu lalu. (JIBI/Istimewa)

Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selanjutnya ketika di Wonogiri ada Air Terjun Girimanik.

Objek wisata ini terletak di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo atau sekitar 34 km dari pusat kota Wonogiri. Untuk menikmati keindahan air terjun perlu usaha ekstra karena kamu harus mendaki terlebih dahulu.

Di sini, ada tiga air terjun dengan ketinggian dan nama yang berbeda, yakni Air Terjun Manik Moyo dengan ketinggian 70 meter, Air Terjun Condro Moyo dan juga Air Terjun Tinjo Moyo.

Baca Juga:  Tempat Wisata Menarik di Boyolali, Pemandangannya Bikin Susah Move On

4. Museum Karst

Koleksi batu karst dari seluruh dunia dan pengetahuan di baliknya di Museum Karst Pracimantoro, Wonogiri, Minggu (17 7/2016). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)
Koleksi batu karst dari seluruh dunia dan pengetahuan di baliknya di Museum Karst Pracimantoro, Wonogiri, Minggu (17 7/2016). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)

Tempat wisata berikutnya yang wajib kamu kunjungi saat ke Wonogiri ada Museum Karst yang letaknya di Desa Gebangrejo, Kecamatan Pracimantoro, berbatasn langsung dengan Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

Museum ini dibangun pada 2008 dan resmi dibuka pada 2009 dan menjadi Museum Karst terbesar di Asia Tenggara.

Kamu bisa mengetahui beragam batuan karst dengan mengeksplor tiga lantai di Museum Karst. D sini, juga terdapat diorama sebaran karst di dunia hlo, seru bukan?

Baca Juga: Asal-usul Santa Claus dalam Perayaan Natal dengan Berbagi Hadiah

5. Kitagawa Pesona Bali

Wisata Kitagawa Pesona Bali, Patoman RT 002/RW 004, Kayuloko, Sidoharjo, Wonogiri, Jumat (24/1/2020). (Solopos-Rudi Hartono)
Wisata Kitagawa Pesona Bali, Patoman RT 002/RW 004, Kayuloko, Sidoharjo, Wonogiri, Jumat (24/1/2020). (Solopos-Rudi Hartono)

Tempat wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat ke Wonogiri ada Kitagawa Pesona Bali yang berlokasi di Jalan Mbelik Gede, Patemon, Kayuloko, Sidoharjo.



Di objek wisata ini, kamu akan merasakan nuansa seperti di Pulau Bali. Terdapat ornamen-ornamen khas Pulau Dewata yang bisa kamu temukan di sini.

Bahkan, kamu juga bakal mendengar suara instrumen seruling, gerantang dan alat musik tradisonal Bali lainnya di sini sehingga kamu benar-benar serasa di Bali. Bahkan, di sini juga ada pertunjukan tarian Bali hlo. Bagaimana menarik bukan?

Baca Juga: Ucapan Tahun Baru 2022 yang Romantis untuk Pacar

6. Istana Parnaraya

Istana Parnaraya yang mirip Istana Negara di Dusun Kebonagung RT 003/RW 001, Desa Kebonagung, Sidoharjo, Wonogiri. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Tempat wisata berikutnya yang bisa kamu kunjungi saat di Wonogiri ada Istana Parnaraya yang berlokasi di Kebonagung, Sidoharjo.

Di sini, terdapat bangunan yang menyerupai Istana Negara di Jakarta. Dicat putih dengan empat tiang kokoh yang menyanggah bangunan tersebut seolah-olah membawa pengunjung berasa di Istana Negara.

Enggak afdal jika berkunjung ke sini tanpa foto-foto. Jangan lupa bawa kamera dan abadikan momen terindah kamu di Istana Negara milik Wonogiri ini.

Baca Juga: Sempat Disinggung Jokowi, Apa Itu Metaverse?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya