SOLOPOS.COM - Bakmi Jawa Padmosari. (Istimewa/Instagram @bakmipadmosari)

Solopos.com, SOLO — Bakmi Jawa di Kota Solo, Jawa Tengah menjadi salah satu kuliner enak yang wajib dicicipi saat Anda berkunjung ke Kota Bengawan.

Anda bisa menemukan tempat makan yang menyediakan bakmi jawa enak di Solo dengan mudah. Banyak pembeli mencoba memberikan tanggapan langsung setelah menyantap bakmi jawa di Solo, salah satunya melalui Google Maps. Anda penasaran seperti apa dan di mana saja tempat-tempat tersebut?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut, Solopos.com rangkum beberapa rekomendasi tempat makan bakmi jawa di Solo:

1. Bakmi Jowo Bu Citro

bakmi jawa di solo
Bakmi Jowo Bu Citro Solo. (Istimewa/Instagram @bakmibucitrobintaro)

Ada dua lokasi tempat makan Bakmi Jowo Bu Citro di Solo. Bakmi jowo satu ini sudah buka sejak 1970.

Ekspedisi Mudik 2024

Lokasi pertama di Jl. Pulanggeni No.40, Tipes, Kecamatan Serengan, Kota Solo. Lokasi kedua di Jl. Wijaya Kusuma No.8 Tipes, Kecamatan Serengan, Kota Solo. Nah, kedua lokasi itu hanya berjarak 350 meter atau 4 menit dengan berjalan kaki.

Apabila mengacu Google Maps, Bakmi Jowo Bu Citro 1 buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB. Berbeda dengan Bakmi Jowo Bu Citro 2 yang buka setiap Selasa-Minggu dan tutup pada Senin. Pada Selasa hingga Sabtu buka pukul 11.00 WIB hingga 23.00 WIB dan Minggu pada pukul 16.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Baca Juga : Bakmi Jowo di Tengah Kampung Semanggi Solo, Saking Enak dan Murahnya Bisa Antre 2 Jam

Bakmi jowo Bu Citro mendapatkan rating 4.4-4.5 dari 5. Sebanyak 1.696 orang mengulas bakmi jowo di Solo ini. Tenang, Anda tidak hanya bisa makan bakmi jowo di sini. Anda bisa memesan menu lain, seperti nasi goreng, capcay, paklay, dan lainnya.

Salah seorang pemandu lokal mengunggah harga satu porsi makanan di Bakmi Jowo Bu Citro berkisar Rp20.000-Rp25.000. Ulasan tersebut diunggah enam bulan lalu.

2. Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen

bakmi jawa di solo
Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen. (Istimewa/Instagram @bakmidjowombahmangoen)

Tempat makan bakmi jawa di Solo berikutnya ini berada di Jl. Kenanga No.23 Badran, Kecamatan Laweyan, Kota Solo. Bakmi jawa ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Bakmi jawa di Solo yang satu ini mendapatkan rating 4.2 dari 5 dan mendapatkan 1.662 ulasan. Mereka tidak hanya menjual bakmi jawa tetapi juga bakmi goreng, bihun goreng, bihun godog, nasi goreng, rica-rica ayam.

Baca Juga : Kenapa Makanan di Solo & Jogja Rasanya Manis?

Dilansir dari laman Instagram @bakmidjowombahmangoen, bakmi jawa di tempat itu dimasak menggunakan anglo atau tungku. “Anglo mempunyai manfaat agar mempertahankan cita rasa masakan yang khas dan tidak mempengaruhi cita rasa,” tulisnya seperti dilansir Solopos.com, Jumat (3/6/2022).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pernah mengunjungi warung makan Bakmi Djowo Mbah Mangoen ini pada 2019. Ia memesan mie godog.

3. Bakmi Jawa Pak Met Solo

bakmi jawa di solo
Bakmi Jawa Pak Met Solo. (Istimewa/Instagram @bakmijawapakmetsolo)

Rekomendasi bakmi jawa di Solo, berikutnya ini berada di Jl. Veteran No.240 Tipes, Kecamatan Serengan, Kota Solo. Bakmi jawa ini berdiri sejak 1999. Salah satu keunikan bakmi jawa di Solo ini dimasak menggunakan anglo dan arang.

Selain bakmi jawa, tempat makan ini juga menjual menu lain, yaitu bihun, capcay, nasi goreng, nasi krukup, bestik, fuyunghay, paklay, resoles, dan lainnya.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Sate Kambing Enak di Solo, Kamu Pernah Coba yang Mana?

Akun Instagram @bakmijawapakmetsolo pada 2020 mengunggah foto harga yang terpampang pada banner di tempat makan tersebut. Harga makanan mulai dari Rp15.000-Rp20.000 per porsi.

4. Bakmi Jawa Padmosari

bakmi jawa di solo
Bakmi Jawa Padmosari. (Istimewa/Instagram @bakmipadmosari)

Bakmi jawa di Solo yang berikutnya akan direkomendasikan Solopos.com adalah Bakmi Jawa Padmosari. Lokasinya di Jl. Pulanggeni No.46 RT 003/RW 007, Tipes, Kecamatan Serengan, Kota Solo.

Bakmi Jawa Padmosari juga dikenal dengan mie bara arang Padmosari. Selain bakmi jawa, Bakmi Jawa Padmosari juga menyediakan minuman spesial teh gula batu. Tempat makan ini buka setiap jam 13.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Anda jangan sampai kecele, tempat makan ini tidak buka setiap hari. Bakmi Jawa Padmosari tutup setiap Selasa. Harga menu makanan Bakmi Jawa Padmosari tahun lalu seperti yang diunggah melalui Instagram @bakmipadmosari berkisar Rp16.000-Rp20.000 per porsi.

Baca Juga : Turun dari Bus, Lapar? Ini 8 Kuliner Dekat Terminal Tirtonadi Solo

5. Warung Bakmi Pak H Dul

bakmi jawa di solo
Bakmi Pak H Dul. (Istimewa/Instagram @warungbakmi_pak_h_dull)

Bakmi jawa di Solo yang patut Anda coba adalah bakmi Pak H Dul. Lokasinya di Jl. Ronggowarsito, Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. Tempat makan ini buka setiap hari pukul 17.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Menu makanan di warung bakmi Pak H Dul mulai Rp25.000 sampai Rp35.000 per porsi. Pemilik warung makan memasak makanan menggunakan anglo.



6. Warung Bakmie Bu Yayuk

bakmi jawa di solo
Bakmi Bu Yayuk. (Istimewa/Instagram @thomasgatotsuseno)

Bakmi jawa di Solo yang satu ini diulas lebih dari 1.400 pengguna Google dan mendapat rating sebesar 4,4/5. Lokasinya berada di Jl. Ki Ageng Mangir, Penumping, Kecamatan Laweyan, Kota Solo.

Buka setiap hari, Senin-Minggu dari pukul 16.30 WIB hingga 22.00 WIB. “Menu masakan Jawa yang terdiri dari bakmi, bihun goreng/godog, capcay, plaklay, nasgor, sop dll dapat Anda nikmati di sini. Rasa tehnya khas. Satu porsi pas untuk makan malam. Harga terjangkau & tempatnya strategis mudah untuk dicari,” ungkap Ayuni Brindsey, seorang pemandu lokal.

Nah, itu beberapa rekomendasi bakim jawa di Solo. Jadi, yang manakah langganan dan favorit kamu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya