SOLOPOS.COM - Buah Ciplukan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Buah ciplukan sempat jadi trending topic di Twitter pada Jumat (2/12/2022), kenali manfaat buah berbentuk bulat mungil ini. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Buah yang memiliki nama lain golden berry lantaran berwarna kuning keemasan ini jadi perbicangan warganet dan menghiasi linimasa Twitter. Tak sedikit warganet membahas harga buah ini yang jadi mahal di Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ciplukan rasanya enak manis segar dan sensasi tos in the mulut when you eat this fruit is amazing alias ini kenapa kalo dijual jadi mahal?” cuit @nesverland dikutip pada Jumat (2/12/2022).

“Ciplukan di sini dijual 22.500 segini. Mau jadi petani ciplukan aja kali ya,” cuit @diyasprdn.

Baca Juga: Apa Itu Virus Zombie, Ini Penjelasannya

Harganya yang mahal ini, lantaran buah ciplukan disebut-sebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari Bisnis.com berikut ini manfaat buah ciplukan berdasarkan webmd dan healthbenefitstime:

1. Meningkatkan imunitas

Buah yang memiliki nama latin physalis angulata ini mengandung lebih dari 50 persen kebutuhan harian vitamin C. Kegunaan vitamin C untuk salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imun.

Baca Juga: Awas! Terlalu Lama Duduk dan Mager Bisa Picu Kelelahan hingga Cedera

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan berperan dalam pembentukan kolagen. Kolagen ini dapat membantu penyembuhan luka.

2. Membantu meningkatkan kesehatan penglihatan

Buah ciplukan kaya akan vitamin A. Seperti pada wortel, vitamin A dikenal sebagai vitamin yang membantu kesehatan mata. Tidak heran jika kekurangan vitamin A akan menyebabkan penglihatan menjadi buram.

3. Membantu melawan peradangan dan mencegah kanker

Siapa sangka, buah kecil ini bisa mencegah kanker. Hal ini lantarana buah ciplukan mengandung steroid yang disebut withanolides. Para peneliti sedang mempelajari penggunaan withanolides untuk menargetkan dan membunuh sel kanker tertentu. Selain itu, withanolides membantu melawan peradangan, seperti radang sendi, lupus ataupun penyakit radang usus.

Baca Juga: Mengenal Operasi Memancungkan Hidung seperti Dilakukan Mayang

4. Membantu melancarkan pencernaan

Buah ciplukan mengandung pektin yang tinggi, sehingga cocok untuk dibuat menjadis elai ataupun jeli. Pektin ini merupakan sumber serat yang baik, sehingga sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Mendukung kesehatan tulang

Manfaat lain buah ciplukan adalah mendukung kesehatan tulang. Buah ciplukan juga mengandung kalsium yang baik untuk membangun dan mempertahankan massa tulang. Selain itu, kalsium juga bisa mengatur irama jantung, mendukung produksi hormon dan mendukung kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga: Ini Penjelasan Vape Bikin Gigi Kuning

6. Kaya akan nutrisi

Satu porsi buah ciplukan bisa mengandung sedikitnya 66 kalori, 16 gram karbohidrat, 1 gram protein, 15 gram serat, 41 mg kalsium, 0,5 mg zat besi, 1,5 gram natrium, 41 mg vitamain C, dan 450 IU vitamin A.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul 6 Manfaat Buah Ciplukan, si Kecil yang Kaya Nutrisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya