SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Sedikitnya enam kecamatan di wilayah Kabupaten Karanganyar mulai didorong untuk pengembangan sentra tanaman obat tradisional. Selain meningkatkan perekonomian warga, langkah ini diambil untuk membudayakan konsumsi obat herbal.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Karanganyar, Siti Maesyaroch, menyebutkan keenam wilayah tersebut adalah Kerjo, Mojogedang, Jumantono, Jumapolo, Karangpandan dan Matesih. Menurutnya, selain kondisi wilayah di enam kecamatan ini cocok untuk mengembangkan tanaman herbal, embrio kelompok taninya juga ada.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jadi Kami tinggal mendorong dan membantu pengembangannya,” terangnya kepada <I>Espos<I> belum lama ini. Siti menjelaskan obat herbal yang sedang dikembangkan antara lain empon-empon yang meliputi jahe, kencur, temulawak, kunir dan kunyit. Dia mengaku optimistis pengembangan tanaman herbal ini dapat meningkatkan perekonomian warga yang tergabung dalam kelompok tani. Apalagi saat ini tengah berkembang tren back to nature di masyarakat.

“Pangsa pasarnya pasti akan bagus,” imbuhnya. Siti mengatakan untuk mendorong pengembangan itu pihaknya menggandeng sejumlah pihak. Seperti Balai Penelitian Tanaman Obat (BPTO) Tawangmangu dan Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Bahkan pekan lalu, kelompok tani mendapat stimulus berupa bantuan alat perajang, pencuci dan peralatan produksi tanaman obat lainnya. “Mudah-mudahan dengan peralatan ini tanaman herbal petani lebih higienis dan bisa dijual ke pabrik jamu. Karena sebelumnya pabrik jamu menolak membeli tanaman herbal petani dengan alasan standar kebersihan kurang,” harap Siti.

isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya