SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SRAGEN — Enam desa di Sragen sukses menggelar Pilkades Pergantian Antarwaktu (PAW) secara serentak pada Rabu (20/7/2022).

Enam desa tersebut yakni  Tegalombo (Kecamatan Kalijambe),  Gentanbanaran (Plupuh), Girimargo (Miri),  Jenggrik (Kedawung), Glonggong (Gondang), dan Singopadu (Sidoharjo). Pelaksanaan pilkades PAW berbeda dengan pilkades biasa di mana pemilihan calon kepala desa dilakukan secara musyawarah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabid Penataan dan Pembinaan Administrasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sragen, Supriyadi, menyampaikan hingga pukul 11.30 WIB semua proses musyawarah desa untuk memilih calon kepala desa (cakades) terpilih sudah selesai.

Di Desa Tegalombo, ada tiga cakades yang bersaing. Mereka adalah mantan kades Saryono yang mendapat 26 suara, perangkat desa Herning Sutati yang mendapat sembilan suara, dan pegawai swasta Sri Untung yang tak mendapat suara.

Baca Juga: Desa/Kelurahan Termiskin di Sragen Ternyata Ada di Wilayah Kota

“Tegalombo, cakades yang terpilih Saryono pernah menjadi Kades Tegalombo periode 2013-2018,” ujarnya.

Di Desa Gentanbanaran, Pilkades PAW juga diikuti tiga cakades. Mantan kepala desa dua periode Teguh Prakoso hanya mendapatkan 17 suara. Ia kalah seorang Kaur Pelayanan, Susilo, yang meraih 23 suara. Sedangkan mantan modin, Paino Nurarifin, hanya mendapatkan satu suara.

Semenatara Pilkades PAW di Desa Girimargo diikuti oleh para pensiunan PNS. Dari tiga Cakades yang maju, yang terpilih merupakan cades dengan pendidikan S2, yakni atas nama Samin dengan 28 suara. Disusul Sardiyanto dengan sembilan suara, dan Gatot Wardoyo dengan delapan suara.

“Pilkades PAW di Jenggrik dimenangi seorang pendamping desa, Darmin, dengan 30 suara. Kemudian suara terbanyak kedua jatuh pada pegawai swasta Ihsan Wahyudi dengan 23 suara, dan seorang petani Haryanto hanya mendapat satu suara. Pilkades PAW berjalan lancar dan pemilih hadir 100%,” kata Supriyadi.

Baca Juga: Ini Nama-Nama Calon Kades Peserta Pilkades PAW di 6 Desa

Dia melanjutkan, Pilkades PAW di Desa Glonggong,  seorang pensiunan perangkat desa mampu mengalahkan mantan kades dengan selisih 10 suara. Pensiunan perangkat desa itu bernama Suwarno dengan 28 suara. Sementara mantan kades itu, Jumadi, hanya mendapat 18 suara. Satu Cakades lain yang seorang pensiunan PNS, Karno, hanya mendapat dua suara.

“Di Singopadu yang pada awalnya cukup ramai dalam pelaksanaan Pilkades PAW berjalan kondusif. Sebanyak 45 pemilih hadir semua. Mantan kades Heru Tarwoco unggul dengan 21 suara, sementara mantan sekretaris desa (Sekdes) Sukimin hanya mendapat 11 suara, dan seorang perangkat desa Paiman mendapat sembilan suara,” jelas Supriyadi yang diamini Kepala DPMD Sragen, Suwandi.

Supriyadi menyampaikan tahapan selanjutnya hasil Pilkades PAW itu dilaporkan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan BPD kemudian melaporkan ke Bupati Sragen untuk dibuatkan SK. Untuk pelantikannya menunggu kebijakan dari Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya