SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menumpang getek di saluran irigasi di Dusun Sangiran Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Sabtu (9/10/2021). (Solopos.com/Wahyu-Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan daftar 50 Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Di Jawa Tengah, ada 6 desa yang masuk daftar. Dua di antaranya ada di Soloraya.

Satu dari dua desa wisata terbaik itu adalah Desa Wisata Sangiran yang berada di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Sragen, Mukhtar Achmadi, menjelaskan warga Sragen bangga atas pencapaian Desa Krikilan, yang meraih penghargaan jadi Desa Wisata Terbaik. Hebatnya, Desa Wisata Sangiran di Krikilan baru dirintis dua tahun yang lalu, atau bergeliat saat pandemi Covid-19.

“Kegiatan memang terhenti, ibarat mau lahir sudah terdampak pandemi. Aktivitasnya terganggu tetapi masuk 50 besar. Ini baru tahap rintisan,” kata dia kepada Solopos.com, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Masuk Museum Sangiran dan Gunung Kemukus Tak Perlu PeduliLindungi Lho

Menurut dia, sejumlah desa yang diwakili pengelola desa berlomba dengan mendaftar melalui laman jadesta.com. Pengelola memenuhi persyaratan dan mengunggah dokumentasi pada laman tersebut. Desa yang terlibat ADWI 2021 dari Sragen hanya Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe.

Terpisah, Kepala Desa Krikilan, Widodo, menjelaskan warga antusias begitu desanya menjadi salah satu dari 50 desa terbaik. Apalagi mendapatkan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada Sabtu (9/10/2021) lalu.

“Walaupun desa wisata rintisan, kami bangga. Ini tidak berhenti sampai di sini, banyak tantangan yang tidak mudah. Impian kami bisa menjadi desa maju hingga menjadi desa mandiri,” paparnya.

Baca Juga: Hore! Museum Sangiran Dibuka, Anak-Anak Boleh Masuk Lur

Berdasarkan hasil penilaian yang diumumkan Kemenparekraf melalui Youtube, Senin (23/9/2021) Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki jumlah desa wisata terbanyak yang masuk daftar 50 desa terbaik di Indonesia 2021.

Selain Desa Wisata Sangiran di Krikilan, Kalijambe, Sragen, desa lain di Soloraya yang masuk daftar adalah Desa Wisata Sumberbulu dari Karanganyar.

Penilaian desa wisata terbaik ini diambil berdasarkan tujuh kategori. Yaitu homestay, CHSE (cleanliness, health, safety, environment sustainability), toilet, suvenir, desa digital, daya tarik wisata, dan konten kreatif.

Baca Juga: Mantap Banget! Sangiran Masuk Daftar 50 Desa Wisata Terbaik

Sandi, dalam tayangan Youtube, menjelaskan, ADWI 2021 telah melewati serangkaian tahap kurasi dengan jumlah pendaftar 1.831 peserta desa wisata dari 34 provinsi. Selanjutnya akan ada peninjauan dan penilaian lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya