SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

selama liburan atau long weekend bisa membuat kaki Anda terasa lelah. Kini saatnya Anda relaksasi dengan berbagai ramuan yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Rendaman baking soda

Salah satu cara mengatasi kaki lelah adalah dengan merendam kaki dengan baking soda. Caranya, isi ember dengan air panas dan campurkan setengah cangkir baking soda ke dalamnya, kemudian aduk hingga larut. Rendam kaki Anda selama setengah jam, lalu bilas. Selain baking soda, Anda juga bisa mencoba larutan garam atau cuka. Pastikan setelah merendam, basuh kaki hingga bersih dengan air hangat.

Minyak peppermint

Tak hanya wanginya yang bisa menyegarkan kaki, minyak peppermint juga bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki dan mengatasi kulit tumit yang pecah-pecah. Anda bisa merendam kaki dengan air dan campuran minyak ini, atau bisa juga mengoleskan langsung minyak tersebut ke telapak kaki dengan beri pijatan ringan.

Es batu

Cara paling mudah adalah dengan mengompres kaki menggunakan es batu. Setelah itu, angkat kaki ke atas dan tempelkan ke dinding, sehingga tubuh membentuk sikap lilin. Dengan melakukan ini, aliran darah di kaki akan lebih lancar dan Anda bisa mengistirahatkan kaki sejenak.

Scrub dari oatmeal

Campurkan oatmeal dengan minyak jojoba, lalu aplikasikan ke seluruh bagian kaki yang terasa lelah. Diamkan selama 30 menit, baru kemudian bilas hingga bersih dengan air hangat.

Irisan timun

Timun tak hanya bagus untuk mengatasi lingkaran mata hitam, tapi timun juga bisa mengatasi pembengkakan di kaki dengan cara menempelkannya langsung.

Minyak zaitun

Kaki terasa sakit dan kering, coba oleskan minyak zaitun sebelum tidur lalu pakai kaus kaki untuk tetap menjaga kehangatan kaki Anda. Selain minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan lotion atau petroleum jelly.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya