SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang Rupiah di Bank, Jakarta, 21 April 2016. (Reuters/Darren Whiteside)

Solopos.com, SOLOSetidaknya ada enam bantuan sosial (bansos) yang akan cair pada bulan September 2022 ini. Sejak pandemi Covid-19, pemerintah memang telah mempersiapkan beberapa bantuan sosial yang akan disalurkan kepada masyarakat.

Bantuan ini terdiri atas beberapa bentuk yang diharapkan bisa meringankan beban masyarakat di tengah gejolak perekonomian Indonesia. Berikut ini adalah enam bansos yang diprediksi akan cair pada bulan September 2022 ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Awal Musim Hujan di Indonesia Tidak Serentak

1. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Bantuan ini akan diberikan kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan.  Menaker Ida Fauziah sudah menyampaikan bahwa BSU dipastikan akan cair pada bulan ini.

2. Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Bantuan ini berupa uang tunai senilai Rp150.000 yang akan dibayarkan selama empat kali. Akan tetapi, pemerintah akan meringkasnya menjadi dua kali penyaluran dengan masing-masing Rp300.000.

3. BLT Dana Desa

Besaran BLT Dana Desa 2022 akan diberikan sebesar Rp 300.000 per bulan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

4. Bantuan Pokok Non-Tunai (BNPT)

Bantuan ini diberikan kepada masyarakat miskin atau rentan miskin. Besarannya senilai Rp2,4 juta setahun yang akan disalurkan Rp200 ribu per bulan.

Baca Juga: Manajemen & Kebijakan Redaksi

5. BLT UMKM

Sesuai dengan namanya, bantuan ini akan diberikan kepada pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang berhak. Besaran BLT UMKM ini setara Rp600.000 yang akan disalurkan melalui Himpunan Bank Negara atau bank BUMN.

6. Kartu Prakerja

Buat kamu yang masih belum mendapatkan kerja, bansos pemerintah senilai Rp600.000 juga akan segara kamu terima jika kamu lolos seleksi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya