SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang. (freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang sadar bahwa menabung itu sangat penting. Karena masyarakat yang memiliki tabunganlah yang bisa bertahan. Sementara, masyarakat yang tidak punya tabungan dan punya banyak cicilan akan kebingungan. Nah, untuk Anda yang sudah mulai sadar, segeralah buat tabungan di bank konvensional atau tabungan online.

Namun karena kondisi pandemi yang mana menghimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah, sebaiknya membuat tabungan online. Tabungan online memudahkan masyarakat karena semua bisa dilakukan dari smartphone. Anda bisa menabung, membeli sesuatu, membayar, meminjam uang, investasi, deposito, dan lain-lain.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekarang Anda tidak harus datang ke bank untuk menabung. Anda cukup menggerakkan jari dan membuka aplikasi menabung online, maka uang di rumah sudah berpindah ke bank.

Dilansir dari teknologi.net pada Rabu (21/7/2021), berikut 7 aplikasi menabung online yang aman karena terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Selain itu, sebagian aplikasi tabungan juga dilengkapi fitur keamanan seperti Face ID, Fingerprint, PIN, hingga Password. Apa saja?

Baca Juga: Jaga Daya Beli Masyarakat, PLN Siap Salurkan Stimulus Listrik hingga Desember 2021

1. Jenius

Aplikasi Jenius adalah inovasi digital bangking baru dari PT Bank BTPN. Aplikasi tabungan online ini dapat membantu pengguna melakukan aktivitas finansial, seperti menabung, transaksi, dan mengatur keuangan lainnya. Anda yang menggunakan aplikasi JENIUS di smartphone sudah bisa membuka rekening tabungan tanpa harus pergi ke bank. Tentu ini memudahkan pengguna karena bisa menabung atau membuka tabungan online tanpa harus mengantre di bank.

Fitur di Jenius cukup banyak, sehingga keuangan sehari-hari Anda dapat diatur dengan mudah. Fitur tersebut di antaranya Save It, Send It, $Cashtag, Pay Me, eCard, Split Bill, dan lain sebagainya. Ada juga fitur unggulan, seperti Maxi Server, Dream Saver, dan Flexi Saver. Aplikasi tabungan online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan LPS ini sangat aman karena menawarkan metode otentikasi PIN atau Password, sidik jari, serta keamanan kartu.

2. Sobatku

Aplikasi Menabung Online lainnya adalah Sobatku atau Simpanan Online Sahabatku. KSP Sahabat Mitra Sejati atau Sahabat UKM telah membuat aplikasi produk simpanan online. Dengan aplikasi ini semua orang bisa membuka rekening tabungan layaknya bank umum. Bedanya tabungan ini dapat diakses secara online.

Namun ada yang beda, yakni cara menabung. Aplikasi Sobatku menerapkan internal limit Rp20 juta dan limitasi menabung sebesar Rp100 juta khusus pengguna premium.

Bunga di aplikasi tabungan ini hanya 1 persen dan bebas biaya administrasi. Menariknya lagi, aplikasi Sobatku mendukung pembelian pulsa, bayar token listrik, PLN, PDAM, TV berbayar, serta tiket kereta api.

Anda juga bisa melakukan setor tarik tunai lewat Alfamart atau Alfamidi. Di sini tidak ada biaya administrasi bulanan sehingga saldo masih tetap utuh dan tidak terpotong. Anda juga berhak mendapatkan hadiah bulanan jika nabung di Sobatku.

Baca Juga: Antam Turun, Simak Harga Emas 24 Karat di Pegadaian Kamis 22 Juli 2021

3. Ipotpay

Sasaran pengguna aplikasi tabungan online Ipotpay adalah anak-anak muda milenial. Mereka tidak perlu repot-repot ke bank karena dengan smartphone sudah bisa menabung online.

Keuntungan menggunakan aplikasi ini yaitu return atau imbal hasil sampai 10 persen tahun. Di samping itu, para nasabah tidak dikenakan biaya administrasi. Aplikasi tabungan Ipotpay juga memudahkan pengguna untuk melakukan sejumlah pembayaran, seperti BPJS, kartu kredit, PLN, beli pulsa, belanja online, top up dompet digital, dan tiket transportasi.

Anda bebas beli, transfer, dan bayar tanpa limit. Aplikasi menabung ini juga bebas pajak dan uangnya dapat ditarik kapanpun dan di manapun.

4. Tabungan online Sinarmas atau SimobiPlus

SimobiPlus merupakan aplikasi tabungan mobile dari Bank Sinarmas yang bisa memenuhi semua kebutuhan transaksi keuangan. Menariknya lagi, SimobiPlus dapat dihubungkan ke Sinarmas Bank E-Money (Simas E-Money), rekening tabungan, giro, deposito, kartu kredit dan semua produk keuangan di Sinarmas Bank.

Dengan satu aplikasi sudah dapat mengakses seluruh portofolio keuangan Anda di Sinarmas Bank. Jika Anda bukan pelanggan Bank Sinarmas, Anda tidak perlu khawatir, Anda masih dapat mengaktifkan SimobiPlus, dan Anda akan dibuatkan E-Money (Simas E-Money) dengan proses yang mudah dan cepat.

Baca Juga: Minggu di Rumah Saja di Boyolali Efektif Turunkan Mobilitas Warga

5. PermataMobile X

Aplikasi tabungan online PermataMobile X diluncurkan oleh Permata Bank dan jadi generasi awal tabungan digital di Indonesia. Aplikasinya bisa Anda download di App Store. Fitur di PermataMobile X yaitu Permata Store, Easy Access, fitur keamanan (Face ID & Fingerprint), Saving & Current Account, Investment, Credit Card & Loan.

Tidak hanya itu, PermataMobile X juga bebas biaya tarik tunai serta transfer antar bank dengan minimal saldo sebelumnya Rp.1.000.000. Aplikasi ini juga bebas biaya administrasi, biaya pembukaan dan penutupan rekening, saldo awal, saldo minimum, biaya transfer, dan biaya pembuatan kartu.

6. Digibank

Ada lagi bank digital yang menawarkan tabungan online, yaitu Bank DBS. Bank ini sebenarnya asli Singapura tapi buka cabang di Indonesia. Fitur di aplikasi Digibank sangat banyak, seperti tabungan, investasi, kartu kredit, pinjaman online, transfer valas, bayar atau beli, virtual assistant, soft token, spending tracker (memantau pengeluaran), buka rekening baru dengan KTP elektronik dan sidik jari tanpa harus bank.

Kartu debit bisa dikirim langsung ke alamat rumah tanpa harus mengunjungi bank. Keamanan di Digibank menggunakan password dan fingerprint.

Baca Juga: Potong 85 Hewan Kurban, Pertamina Sebar 8.026 Paket Daging di Jawa Tengah dan DIY

7. BCA Mobile

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tak asing dengan BCA Mobile. Ya, ini adalah tabungan digital yang dibuat Bank BCA. Buka rekening online BCA Mobile cukup dengan aplikasi dan video call dengan CS. Jadi Anda tidak perlu ke bank.



Fitur unggulan aplikasi BCA Mobile di antaranya M-Info & M-Transfer, M-Payment & M-Commerce, Cardless, QR, dan BCA Keyboard. Kalau teknologi keamanan masih standar yakni pin dan password.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya