SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilu/pilkada. (Solopos/dok)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sebanyak 6.283 anggota Perlindungan Masyarakat atau Linmas akan dikerahkan membantu pengamanan pemungutan suara Pilkada Sukoharjo pada 9 Desember mendatang.

Ribuan anggota Linmas tersebut disebar di seluruh Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Sukoharjo. Tak hanya mengamankan pilkada, petugas juga akan memantau kepatuhan protokol kesehatan Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cara Ini Dinilai Ampuh Mengatasi Penolakan Warga terhadap Swab Test

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan penjagaan di TPS akan dilakukan dua orang Linmas dan ditambah dari petugas tim gabungan lainnya.

Ekspedisi Mudik 2024

"Petugas Linmas kita siapkan untuk menjaga keamanan dan kepatuhan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona," katanya ketika berbincang dengan Solopos.com di Sukoharjo, Rabu (4/11/2020).

Suroto Apresiasi Petani Sragen yang Bisa Panen Padi 3-4 Kali

Selain TPS, Heru mengatakan petugas Linmas juga disebar untuk pengamanan di kantor kelurahan atau desa sebanyak 10 orang.

Kemudian di kantor kecamatan akan ditempatkan petugas sebanyak tiga pleton berasal dari unsur gabungan TNI/ Polri. Saat ini koordinasi dengan jajaran lintas sektoral terus dilakukan, termasuk dengan jajaran Polres dan Kodim 0726 Sukoharjo.

"Pilkada tahun ini dilaksanakan di saat pandemi Covid-19. Jadi fokus pengamanannya juga nanti bagaimana tingkat kepatuhan protokol kesehatan," katanya.

Jangan Sampai Terjadi Penularan Virus Corona

Dia mengatakan petugas yang berjaga wajib menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker. Aturan itu juga berlaku bagi warga masyarakat dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Hal ini dilakukan agar jangan sampai terjadi penularan virus corona.

Waduh, Angka Kematian Warga Solo Akibat Covid-19 Melonjak

Penerapan protokol kesehatan tersebut akan dilaksanakan secara ketat di masing-masing TPS. Warga atau pemilih yang akan masuk wajib menjalani pemeriksaan secara ketat sesuai protokol kesehatan.

“Soal protokol kesehatan sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait termasuk gugus tugas,” lanjutnya.

Populer Via Youtube, Begini Sepak Terjang Dalang Fenomenal Ki Seno Nugroho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya