[x] close
top ear
560 Bus Siap Antar Perantau Mudik Gratis di Jatim, Yuk Daftar!
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi bus Mudik Gratis. (Solopos-M. Ferri Setiawan)

560 Bus Siap Antar Perantau Mudik Gratis di Jatim, Yuk Daftar!

Program mudik gratis kembali digeber sejumlah instansi demi memudahkan para perantau yang ingin pulang kampung untuk merayakan Lebaran 2019. Salah satunya Dinas Perhubungan Jawa Timur (Dishub Jatim) yang menyediakan 560 unit bus mudik gratis.
Diterbitkan Senin, 29/04/2019 - 17:05 WIB
oleh Solopos.com/Newswire,
2 mnt baca -

Madiunpos.com, SURABAYA -- Program mudik gratis kembali digeber sejumlah instansi demi memudahkan para perantau yang ingin pulang kampung untuk merayakan Lebaran 2019. Salah satunya Dinas Perhubungan Jawa Timur (Dishub Jatim) yang menyediakan 560 unit bus mudik gratis.

"Tahun ini kami menyediakan 560 armada bus yang pendaftarannya dilakukan online maupun offline," ujar Kepala Dishub Jatim Fattah Jasin, Senin (29/4/2019), kepada wartawan di Surabaya.

Jadwal pemberangkatan mudik gratis, ungkap dia, mulai 30 Mei 2019 hingga 4 Juni 2019, kemudian untuk jadwal balik 10-11 Juni 2019.

Menurut Fattah Jasin, pendaftaran secara dalam jaringan (daring) atau online mudik dan balik gratis dibuka 22 hingga 30 April 2019, lalu untuk pendaftaran balik secara manual mulai 2-3 Mei 2019.

Tujuan arus mudik dan balik gratis di wilayah barat meliputi Surabaya, Mojokerto, Jombang, Kertosono, Nganjuk, Madiun, Magetan, dan Ngawi, sedangkan untuk wilayah timur mulai dari Surabaya, Probolinggo, Lumajang, Jember hingga Banyuwangi, serta wilayah Madura mencakup semuanya.

Program mudik gratis juga berlaku untuk moda transportasi kapal laut yang pendaftarannya dibuka sama dengan transportasi bus, namun sedikit panjang yaitu 22 April hingga 4 Juni 2019, kemudian pelaksanaannya 29 Mei sampai 13 Juni 2019.

Fattah menyebut rute untuk mudik gratis kapal laut yakni jalur perintis, antara lain Surabaya-Bawean, Surabaya-Kalianget, Kalianget-Kangean, Kangean-Masalembo, Kalianget ke Sapeken serta Raas.

Selain itu, Dishub Jatim juga menerima pendaftaran daring menggunakan kereta api yang bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), dengan kuota mencapai 150.000 penumpang.

Jurusan yang dilalui, yakni Surabaya ke Kertosono, lalu Kediri ke Blitar dan Surabaya-Bangil-Malang, serta untuk wilayah timur meliputi Surabaya-Probolinggo-Jember sampai Banyuwangi.

Mantan asisten II Sekdaprov Jatim itu menyampaikan bagi calon penumpang bisa mendaftar melalui akses website https://mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id, atau mengunduh aplikasi Mudik Jatim di playstore android.

Pendaftaran manual juga bisa dilakukan di kantor Dishub Jatim Jl. Ahmad Yani Surabaya dengan membawa persyaratan identitas diri atau menunjukkan KTP elektronik.

"Jika pemesanan lebih dari satu orang, pendaftar bisa menunjukkan kartu keluarga," katanya.

Fattah Jasin menegaskan Dishub tetap melakukan pengawasan ketat terhadap para penyelenggara mudik Lebaran, termasuk pada armada transportasinya.

"Siapapun pihak penyelenggara angkutan mudik Lebaran, tetap harus melalui sistem rem cek kendaraan. Karena akselerasinya tinggi maka tidak menutup kemungkinan kendaraan dipakai lebih intens dari penggunaan sebelumnya," katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 


Editor : Rohmah Ermawati ,
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci :

berita terkait

    berita terpopuler

    Iklan Baris

    Properti Solo & Jogja

    berita terkini