SOLOPOS.COM - TENUN LIDI -- Alat tenun lidi seperti ini yang antara lain diserahkan sebagai bantuan kepada sejumlah pengusaha kecil di Kota Solo, Kamis (29/12/2011). (JIBI/SOLOPOS/dok)

TENUN LIDI -- Alat tenun lidi seperti ini yang antara lain diserahkan sebagai bantuan kepada sejumlah pengusaha kecil di Kota Solo, Kamis (29/12/2011). (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO – Sebanyak 54 pengusaha dan kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Solo menerima bantuan pinjam pakai mesin dan peralatan produksi dari Pemkot Solo. Total jumlah mesin dan peralatan produksi yang diserahkan mencapai 124 unit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penyerahan bantuan mesin dan alat produksi dilakukan dalam acara yang digelar di Pendapi Gede Kompleks Balaikota, Kamis (29/12/2011). Sedangkan bantuan peralatan yang diserahkan terdiri atas mesin jahit sebanyak 90 unit, mesin las listrik sebanyak empat unit, 20 unit alat tenun lidi, enam unit mesin kompresor dan empat unit gerobak pedagang kaki lima (PKL).

Ditemui wartawan seusai acara penyerahan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Solo, Supartono mengungkapkan bantuan mesin dan peralatan produksi itu berasal dari APBD 2011 yang dianggarkan senilai kurang lebih Rp 200 juta. Supartono menambahkan bantuan itu sifatnya pinjam pakai.

“Kami akan terus memantau pemanfaatan mesin dan peralatan bantuan ini. Selama masih digunakan untuk usaha maka boleh tetap dipakai. Tapi jika di tengah perjalanan usaha itu terhenti maka bantuan itu akan kami tarik kembali agar bisa dipakai kalangan UMKM lain yang membutuhkan,” jelas Supartono.

Selain itu, Supartono mengatakan bantuan mesin dan peralatan itu juga tak boleh diperjualbelikan. Sementara itu, Walikota Solo, Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Setda, Joko Pangarso menegaskan bantuan mesin dan peralatan itu harus digunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan daya saing usaha sehingga mendongkrak perekonomian usaha kecil.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya