SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemasangan pipa air bersih. (Antara)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Sebanyak 54 lokasi di Kabupaten Temanggung dibuatkan sarana air bersih dengan nilai anggaran Rp15,4 miliar. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Permukiman (DPUKP) Kabupaten Temanggung, Hendra Sumaryana,  menyebutkan pengerjaan program tersebut meliputi penyempurnaan mata air, pembuatan bak penampungan.

Ada pula pemasangan pipa jaringan, dan penyambungan ke rumah tangga sasaran. “Sambungan pipa yang dikerjakan tahun ini mencapai 324 kilometer yang menyasar pada 8.419 sambungan rumah tangga,” katanya seperti ditulis Antara, Selasa (6/7/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia menyampaikan program pembangunan infrastruktur air bersih merupakan salah satu konsentrasi pembangunan Pemkab Temanggung pada 2021. Menurut dia penyelesaian program tersebut dapat meningkatkan angka kecukupan air bersih di Kabupaten Temanggung menjadi 97% dari sebelumnya 93%.

Baca Juga : Gapura Rentheng, Kreativitas Wong Temanggung yang Menuai Rezeki

Terdapat sinergitas dalam program infrastruktur air bersih antara pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAU) air bersih, pemerintah kabupaten dengan APBD, pemerintah desa dengan pembiayaan 10% dari dana desa dan masyarakat. “Kontribusi masyarakat 4 persen dari anggaran atau sekitar Rp500.000 untuk biaya pemasangan,” katanya.

Ia menuturkan dalam pengerjaan program tersebut, melibatkan tenaga kerja lokal dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 420 orang. “Pengerjaan sebagian besar dengan swadaya masyarakat, yang kontraktual hanya 10 titik dari 54 titik tersebut,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya