500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha

500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha
500 KPM PKH di Karanganyar Diverifikasi Pendampingan Usaha
SOLOPOS.COM - Petugas Dinsos Karanganyar bersama tim Dirjen Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Kementerian Sosial dan UNS mengunjungi usaha rintisan KPM PKH di Karanganyar Jumat (17/9/2021).(Istimewa-Dinsos Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar bersama tim Dirjen Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Kementerian Sosial dan UNS mulai memverifikasi ratusan keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) di Karanganyar Jumat (17/9/2021).

Verifikasi bertujuan untuk mengerucutkan jumlah KPM yang layak untuk diberikan pendampingan wirausaha.

Baca juga: Ingat, Knalpot Brong Jadi Fokus Operasi Patuh Candi di Karanganyar

Kabid Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial Dinsos Karanganyar, Gunarto, mengatakan program tersebut berasal dari Kemensos RI. Program menyasar para KPM PKH di Karanganyar yang sudah memiliki usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk dibantu mengembangkan usaha mereka agar lebih berkembang.

“Programnya namanya kewirusahaan sosial. Nanti para KPM yang sudah memiliki usaha akan didampingi dari UNS dan PSPKKM. Pembinaan lebih mengarah ke strategi pemasaran yang efektif. Pengemasan yang lebih menjual, dan lainnya,” jelas dia kepada Solopos.com.

Baca juga: Gegara Truk Rem Blong di Wonogiri, Tiga Kendaraan Terlibat Kecelakaan

Gunarto mengatakan total KPM PKH di Karanganyar yang diverifikasi tim sejumlah 512 keluarga. Dari seluruh keluarga tersebut, akan diseleksi kembali dan dipilih sekitar 300 keluarga untuk mendapatkan pendampingan. Nantinya setiap keluarga nantinya akan menerima bantuan Rp600.000 untuk mengembangkan usaha mereka.

“Tapi bantuannya itu nanti buka untuk membeli hal besar. Tapi lebih ke pemenuhan hal-hal minor untuk mengembangkan usaha mereka seperti perizinan dan lainnya,” imbuh dia.

Gunarto menjelaskan, program pendampingan KPM PKH akan dilakukan pada Oktober 2021. Pihaknya saat ini masih terus memetakan usaha yang dimiliki KPM PKH yang berpotensi berkembang.

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago