[ X ] CLOSE

50 Tahun Danar Hadi Solo, Ini Pesan Presiden Jokowi Bagi Pejuang Batik

50 Tahun Danar Hadi Solo, Ini Pesan Presiden Jokowi Bagi Pejuang Batik
SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Ny Iriana Jokowi menghadiri perayaan 50 Tahun Danar Hadi di Dalem Wuryaningratan Solo, Sabtu (9/12/2017) malam. (JIBI/SoloposFM/Noer Atmaja)

Ulang tahun ke-50 Batik Danar Hadi Solo dirayakan Sabtu 9 Desember 2017 malam ini.

Solopos.com, SOLO — Batik Danar Hadi Solo tahun ini berusia 50 tahun. Perayaan ulang tahun (ultah) ke-50 Danar Hadi Solo dirayakan di Dalem Wuryaningratan, Jl Slamet Riyadi Solo, Sabtu (9/12/2017) malam ini mulai pukul 20.00 WIB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Ny Iriana Jokowi, Menteri Pendidikan Muhadjir Efendy, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, bos Mustika Ratu Mooryati Sudibyo, Teten Masduki dan tokoh-tokoh penting lainnya hadir dalam perhelatan bertema Goresan Emas Untuk Negeri.

Kru Solopos FM, Noer Atmaja melaporkan dalam kesempatan perayaan 50 tahun Danar Hadi juga dihadirkan tari Bedaya Tumaruntun yang mempunyai makna filosofis temurun dan anuntun seperti harapan Danar Hadi. Buku 50 Tahun Danar Hadi juga diluncurkan sebagai wujud perjalanan Danar Hadi menjaga tradisi batik dan bisa dipelajari untuk generasi mendatang.

Batik motif Parang Gondo Kusuma juga diluncurkan khusus menandai usia 50 tahun Danar Hadi. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 kepada Hadi Santoso Doellah yang tak lain owner sekaligus pendiri Batik Danar Hadi Solo.

Presiden Jokowi mengapresiasi keberadaan Danar Hadi yang tak lain merupakan salah satu pejuang batik di Indonesia.

“Semoga kita semuanya dalam ulang tahun ini makin diperkuat kecintaan terhadap batik dan dapat menginspirasi. Batik merupakan kekayaan budaya bangsa Indonesia. Batik sudah menjadi ikon Indonesia, apalagi UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia. Ini kebanggaan kita semua. Danar Hadi adalah salah satu pejuang batik, jika tidak pecaya tanya saja ke orang Solo maupun orang luar Solo, kalau ingat Danar Hadi ya pasti ingat batiknya.”

Sehari sebelumnya digelar jumpa pres mengenai rencana Danar Hadi yang akan melakukan initial public offering (IPO) atau penawaran umum pertama di bursa saham pada satu hingga dua tahun ke depan. Perusahaan yang didirikan oleh Santosa Doellah ini berharap bisa menjadi perusahaan terbuka yang mengangkat budaya lokal.

Director PT Batik Danar Hadi, Dewanto Santosa, menyampaikan banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum melantai di pasar saham. Menurut dia, perusahaan yang berada di bawah Danar Hadi Group yang menangani pemintalan hingga penjualan ritel berdiri terpisah. Perusahaan tersebut diantaranya adalah PT Batik Danar Hadi, PT Kusumahadi Santosa, PT Kusuma Putra Santosa, dan PT Pamor sedang disusun strukturnya.

“Ada keinginan IPO dan saat ini masih tahap persiapan menuju kesana karena kami ingin bertransformasi dari generasi pertama ke kedua. Harapannya satu hingga dua tahun ke depan bisa terealisasi karena persiapan menuju IPO pun tidak mudah,” ungkap Dewanto saat jumpa pers perayaan Ulang Tahun ke-50 tahun Danar Hadi bertema Goresan Emas untuk Negeri di Soga Restaurant, Jumat (8/12/2017).



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago