SOLOPOS.COM - Bayi laki-laki yang ditemukan di teras rumah warga Dukuh Bloro, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangoandan, Kabupaten Karanganyar, Senin (13/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 50 pasangan berminat mengadopsi bayi yang ditinggalkan ibu kandungnya di kursi teras rumah warga Dukuh Blora, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada Senin (13/6/2022).

Hingga Rabu (15/6/2022), jumlah peminat adopsi bayi yang ditinggalkan ibunya, S, warga Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar itu mencapai 50 pasangan. Mereka memiliki latar belakang beragam, mulai dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), Polri, anggota DPRD, hingga dokter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar, Sulistyowati AKS, mengatakan sebagian dari mereka telah mengajukan permohonan resmi secara tertulis.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sampai kemarin [Rabu] ada sekitar 50 pasangan yang menghubungi kami baik via telepon maupun datang langsung. Mereka selain dari Karanganyar ada juga yang dari Solo, Sukoharjo, dan Sragen,” ujar Sulis, sapaan akrabnya, Kamis (16/6/2022).

Ia menjelaskan pemohon memiliki latar belakang pekerjaan beragam, mulai dari PNS, Polri, anggota DPRD, hingga dokter. “Ada PNS, Polri, sampai dokter. Dokternya malah ada tiga pasangan. Hampir semuanya pemohon ingin mengadopsi karena belum punya keturunan,” imbuhnya.

Baca Juga : Bayi Laki-Laki Ditemukan di Teras Rumah Warga Karangpandan Karanganyar

Sementara itu, berkaitan dengan seleksi calon pengadopsi, pihaknya akan menunggu kesanggupan dari ibu kandung bayi. Saat ini, kasus penemuan bayi lelaki di teras rumah warga Blora Karangpanan itu sudah ditangani polisi.

“Ibu kandungnya kan sudah ketemu dan sudah ditangani polisi. Jadi harus kami tanyakan dulu kepada ibu kandungnya. Apakah dia mau merawat bayinya atau tidak. Nah, ini kami belum bisa menemui secara langsung karena ibu bayi masih diperiksa saat akan saya temui di Polres,” jelasnya.

Jika ibunya atau keluarganya nanti ternyata sanggup, lanjutnya, otomatis ibu dan keluarga ibu si bayi yang akan merawat bayi lelaki itu. Sebelumnya diberitakan, ibu dari bayi yang ditemukan di Dukuh Blora, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar sudah ditangkap polisi.

Saat ini, perempuan berinisial S, 37, warga Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Karanganyar. Kasatreskrim Polres Karanganyar, AKP Kresnawan Hussein, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, mengatakan penangkapan S dilakukan Selasa (15/6/2022) di rumahnya.

Baca Juga : Siapa Ayah Biologis Bayi yang Dibuang di Karangpandan? Ini Ciri-Cirinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya