SOLOPOS.COM - Pantai Mengganti Kebumen (Sumber: Okezone.com)

Solopos.com, KEBUMEN  — Berada di jalur pantai selatan, Kabupaten Kebumen memiliki alam yang indah dan banyak tempat wisata yang keren dari situs sejarah, budaya, pantai hingga spot kekinian yang Instagramable. Mengutip Okezone.com, Rabu (7/7/2021), Kabupaten dengan landmark terkenal berupa Tugu Walet ini sering dikunjungi wisatawan lokal dari daerah lain di Jawa Tengah.

Apa saja daya tarik Kabupaten Kebumen hingga banyak dikunjungi wisatawan? Berikut ini 5 wisata populer di Kabupaten Kebumen :

Promosi BRI Terbitkan Green Bond pada 2024 Senilai Rp2,5 Triliun

Pantai Mengganti

Terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, pantai berpasir putih dengan bebatuan serta perbukitan hijau dengan latar lautan biru ini menjadi panorama eksotis. Perjalanan ke pantai ini penuh dengan  tanjakan karena harus melewati bukit. Namun perjuangan ini sepadan dengan pemandangan yang tersaji.

Pantai Suwuk

Terletak di Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, pantai berpasir hitam dengan deretan perbukitan hijau yang menjulang serta hamparan biru lautan menambah kesan eksotis. Di area pantai ini ada replika Pesawat garuda Indonesia Boeing 737 yang menjadi spot favorit wisatawan untuk berswafoto.

Ombak di pantai pesisir Samudera Hindia ini cukup besar, harus ekstra hati-hati saat mandi. Namun, di lokasi ada kolam renang khusus anak-anak yang dibuat dari terpal biru sehingga sensasinya sama kayak mandi laut. Wisatawan juga bisa mengelilingi pantai menggunakan jeep ataupun menunggangi kuda yang terdapat di sekitarnya.

Goa Jatijajar

Berlokasi di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, goa ini sudah ada sejak rarusan tahun yang lalu. Untuk mejelajah goa, pengunjung bisa menaiki tangga modern. Terdapat ratusan tiang kapur yang berwarna krim dan berkilau dengan cantik menghiasi Goa Jatijajar.

Jembatan Wisata Alam

Terletak di Kecamatan Poncowarno atau berjarak 20 km dari pusat kabupaten Kebumen. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan teman. Waduk yang dikelilingi berbukitan hijau ini memanjakan para wisatawan. Pengunjung bisa menyusuri waduk ini dengan perahu naga dan sepeda air. Di lokasi ini juga ada kolam renang, kebun binatang, gazebo dan kafé untuk bersantai.

Benteng Van Der Wick

Berada di Jalan Sapta, Kecamatan Gombong atau sekitar 35 kilometer dari pusat Kabupaten Kebumen. Benteng dengan batu bata merah dan pilar-pilar tinggi ini adalah peninggalan pemerintahan kolonial Belanda. Bangunan ini punya banyak pintu dan jendela serta dikelilingi anak tangga. Selain menikmati suasana kolonial ala Belanda di tempat dengan luas sekitar 3.600 meter persegi ini, wisatawan juga dapat menaiki kereta yang mengitari benteng bagian atas dan melihat seluruh tempat yang berada disini. Tiket masuknya pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp25.000 per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya