SOLOPOS.COM - Truk Pengangkut Sepeda Motor untuk Mudik Gratis Kemenhub sudah tiba di Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis (28/4/2022) (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Truk pengangkut sepeda motor peserta Mudik Gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan atau Kemenhub mulai berdatangan di Terminal Tirtonadi Solo, Kamis (28/4/2022). Sebelumnya dua truk pengangkut sepeda motor mudik gratis dari Pemprov DKI juga sudah tiba di terminal tersebut, Rabu (27/4/2022).

Berdasarkan pengamatan Solopos.com, Kamis (28/4/2022), dua truk pengangkut sepeda motor pemudik gratis dari Kemenhub telah tiba lebih dahulu pada pukul 13.00 WIB. Disusul dua jam setelahnya oleh tiga truk. Dengan demikian sudah lima truk yang sampai Solo dari rencana tujuh truk.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Perwakilan Event Organizer (EO) acara Mudik Gratis Kemenhub Rezki Fitriani Ludica saat ditemui Solopos.com, Kamis, menyebut ada lima truk pengangkut sepeda motor yang datang ke Terminal Tirtonadi hari itu.

“Total penumpang kami belum mendapatkan informasi, karena harus koordinasi dulu dengan Jakarta. Sedangkan untuk jumlah truk pengangkut sepeda motor ada lima dengan total 143 sepeda motor yang dimuat,” ujar Rezki.

Ia juga menjelaskan ada dua titik keberangkatan truk pengangkut sepeda motor yang menuju Terminal Tirtonadi. “Dari Pasar Kamis ada empat truk dan dari Taman Mini Indonesia Indah [TMII] ada satu truk,” ujar Rezki.

Baca Juga: 42 Motor Peserta Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta Tiba di Terminal Solo

Sebelumnya, Kepala Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto, saat diwawancarai Solopos.com menjelaskan beberapa program mudik gratis yang mengarah ke Terminal Tirtonadi. Semua bakal dilayani secara prima.

3 Program Mudik Gratis

“Ada tiga program Mudik Gratis yang bekerja sama dengan Terminal Tirtonadi, satu dari Kemenhub, sisanya dari Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Tengah,” ujar Joko.

Joko menjelaskan mudik gratis yang menuju Terminal Tirtonadi akan ada sekitar 113 bus dan 11 truk pengangkut sepeda motor. Perinciannya dari Kemenhub 70 bus dan tujuh truk atau sekitar 2.800 pemudik dan 210 sepeda motor. Mudik gratis dari kementerian ini berangkat dua kali pada 28 April dan 29 April.

Baca Juga: Bus Mudik Gratis Jasa Raharja Berdatangan di Terminal Tirtonadi Solo

Untuk keberangkatan tanggal 28 April, dari Terminal Jatijajar, Depok dan Terminal Baranangsiang Bogor, sedangkan tanggal 29 April dari Terminal Pulogebang dan Terminal Kampung Rambutan. “Truk bisa mengangkut 30 sepeda motor,” lanjut Joko.

Untuk Mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta, Joko menyebut akan ada 40 bus dan empat unit truk untuk motor pemudik. “Berarti ada 1.600 pemudik dan 120 sepeda motor, berangkat serentak pada 27 April 2022 melalui Terminal Pulogebang,” imbuh Joko.

Sedangkan untuk Mudik Gratis yang diselenggarakan Provinsi Jawa Tengah, ada tiga bus yang disiapkan. “Dari Jawa Tengah tanpa truk, berangkat 28 April. Kami sudah siap untuk menyambut mudik gratis tahun ini tanpa mengganggu sirkulasi bus reguler di Terminal Tirtonadi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya