SOLOPOS.COM - Ilustrasi jual beli rumah (freepik)

Solopos.com, SOLO — Menjual rumah memang bukan suatu perkara yang mudah. Umumnya menjual rumah memerlukan waktu yang cukup panjang, mulai dari persiapan dokumen hingga proses transaksi akhir dengan pembeli.

Tentu bukanlah perkara yang mudah agar rumah cepat laku terjual. Kendati demikian, sebenarnya rumah bisa terjual dalam waktu yang cukup singkat, asal Anda mau dan mampu mengatur strateginya.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Strategi ini bisa diterapkan untuk menjual rumah sendiri atau menjual rumah untuk kepentingan bisnis properti.

Berikut tips menjual rumah agar cepat laku seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (17/9/2022):

Baca Juga: Awal Pekan IHSG Rawan Terkoreksi, Cermati Saham-Saham Ini

1. Melakukan Perbaikan Rumah

Cara yang pertama agar rumah cepat laku terjual adalah memperhatikan kondisi rumah dan lakukanlah renovasi atau perbaikan pada bagian yang rusak. Apabila kondisi rumah buruk, tentu akan menimbulkan asumsi yang kurang di mata calon pembeli.

Ada baiknya untuk memperhatikan dan memperbaiki bagian-bagi yang telah rusak tersebut. Tapi ingat, tentunya jangan lupa untuk menghitung biaya perbaikan tersebut dengan harga akhir penjualan rumah Anda. Jika kondisi rumah sudah baik, tentu akan menarik perhatian si calon pembeli dan rumah pun dapat segera laku.

2. Jual dengan harga terjangkau dan realistis

Tips menjual rumah agar cepat laku berikutnya yakni menjualnya dengan harga yang terjangkau dan realistis. Harga yang terjangkau dan realistis adalah kunci menjual rumah dengan cepat.

Lakukan riset terlebih dahulu dan hindari menjual rumah jauh dari harga pasaran. Dengan harga yang realistis dan tidak terlalu tinggi dengan harga yang dipasaran, akan membuat potensi calon pembeli untuk tertarik dan melakukan pembelian pun meningkat.

Baca Juga: Harga Tanah Colomadu dan Palur Karanganyar Sama-Sama Kuras Tabungan

3. Tampilkan kondisi perabotan dengan baik

Selanjutnya adalah selalu perhatikan kondisi perabotan yang ada di rumah yang akan Anda jual. Seperti yang diketahui bahwa kesan pertama selalu penting dan pastikan Anda memberikan sesuatu yang positif dalam benak calon pembeli.

Yang dapat Anda lakukan adalah jangan biarkan perabotan yang ada di rumah kotor karena debu dan sampah. Kemudian Anda juga dapat menata ulang furnitur rumah Anda. Selain itu Anda juga dapat mengecat pintu gerbang, memotong rumput, dan hal lain yang dapat membuat perbedaan besar dalam meninggalkan kesan yang baik dan memperbesar peluang penjualan rumah semakin cepat laku.

4. Ambil foto rumah yang bagus

Tips menjual rumah agar cepat laku selanjutnya adalah dengan mengambil foto rumah yang bagus. Hal ini dapat dilakukan terlebih jika Anda berencana jual rumah secara online, maka penting untuk mengumpulkan foto rumah dengan kualitas foto yang baik.

Pastikan foto yang Anda akan pampang untuk promosi penjualan rumah adalah foto terbaik rumah Anda. Perhatikan sudut dan pencahayaan foto, pastikan semuanya terang dengan kualitas foto yang tajam, tidak blurred. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan jasa fotografer profesional untuk foto yang rumah yang lebih bagus.

Baca Juga: Intip Harta Kekayaan Raja Charles III, Penguasa Baru Kerajaan Inggris

5. Jual di media sosial dan situs online

Tip selanjutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial dan situs online yang ada saat ini. Dengan memasang iklan di situs jual beli atau melakukan promosi di media sosial, bisa menjadi salah satu cara agar rumah Anda cepat laku.

Tentunya pastikan untuk menampilkan foto-foto terbaik pada unggahan Anda agar meningkatkan kemungkinan terjualnya rumah pada calon pembeli. Dengan menjual di media sosial dan situs online lainnya, kemungkinan informasi penjualan rumah Anda akan tersebar lebih luas.

Itulah ulasan informasi mengenai tips menjual rumah agar cepat laku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya