SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

ilustrasi. (dok Solopos)

Klaten (Solopos.com)–Guna memastikan sapi dan kambing yang disembelih layak konsumsi pada Idul Adha 1432 H, Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten menyiapkan lima tim pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan informasi yang dihimpun Espos di Dispertan, masing-masing tim akan memantau lima hingga enam kecamatan. Setiap tim terdiri sekitar empat hingga lima orang yang terdiri dari tim dokter hewan serta petugas dari RPH.

Dijadwalkan seluruh tim akan bergerak pada hari H penyembelihan. Secara teknis seluruh tim akan disebar di 26 kecamatan Kabupaten Klaten.

Kelima tim akan berkoordinasi dengan petugas kecamatan untuk mencari titik yang paling banyak melakukan penyembelihan kurban.

“Sudah ada beberapa titik yang kami data. Nantinya ada masjid-masjid besar dari kecamatan yang akan dipantau oleh tim,” kata Kepala Rumah Potong Hewan (RPH) Bidang Peternakan Dispertan Klaten, Triyanto, Senin (31/10/2011) di ruang kerjanya.

Ditambahkan Triyanto, pemantauan tersebut perlu dilakukan mengingat pengalaman tahun sebelumnya ditemukan beberapa hewan kurban yang terserang cacing hati.

“Pada tahun lalu banyak ditemukan sapi yang belum cukup umur untuk disembelih serta mengandung penyakit cacing hati,” jelasnya.

Lebih lanjut, Triyanto mengungkapkan selain memantau proses penyembelihan, seluruh tim juga akan melakukan pemantauan di beberapa pedagang hewan kurban dadakan. “Saat ini belum tampak pedagang dadakan. Namun, tim akan segera melakukan pengecekan terhadap pedagang dadakan jika sudah mulai banyak yang muncul,” ungkapnya.

(m103)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya