SOLOPOS.COM - Bukit Paralayang. (Instagram/@bukitparalayangsegorogunung)

Solopos.com, KARANGANYAR — Berkemah merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di pegunungan seperti di Tawangmangu, Karanganyar. Salah satu tempat yang asyik digunakan untuk berkemah adalah di wilayah lereng Gunung Lawu.

Lereng Gunung Lawu, Karanganyar, mempunyai sejumlah objek wisata alam dengan panorama yang indah. Tak hanya berwisata, banyak juga warung dan kafe-kafe dengan konsep alam yang ditawarkan di sekitar lereng Gunung setinggi 3.265 Mdpl.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Buper Pleseran, Destinasi Wisata Favorit Warga Bali saat di Karanganyar

Di sisi lain, banyak juga pengunjung yang ingin menikmati sejuknya udara dan keindahan alamnya lebih lama. Tak jarang, wisatawan ingin berkemah di objek wisata lereng Gunung Lawu. Berikut 5 tempat berkemah dengan di lereng Gunung Lawu, Karanganyar yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Jumat (14/1/2022):

1. Buper Pleseran

Tempat kemah di karanganyar Bumper Pleseran Karanganyar
Bumper Pleseran Karanganyar. (Instagram/buper_pleseran)

Bumi perkemahan Pleseran atau Buper Plesern terletak di Desa Nglurah, Tawangmangu. Untuk berkemah ke buper ini cukup merogoh kocek Rp10.000 per orang untuk sehari semalam. Anda pun dapat menikmati suasana alam bebas di hutan dan mandi di sungai dari mata air Gunung Lawu.

Sementara bagi yang tidak membawa alat berkemah dapat menyewa di Buper Pleseran dengan harga terjangkau. Seperti tenda kap 4 yang disewakan Rp50.000, matras Rp8.000, sleeping bag Rp15.000, kompor dan nesting masing-masing Rp15.000 untuk biasa sewanya.

2. Bukit Paralayang Segorogunung

tempa kemah di karanganyar
Bukit Paralayang. (Instagram/@bukitparalayangsegorogunung)

Tempat kemah di Karanganyar selanjutnya yakni Bukit Paralayang yang berlokasi di Desa Segorogunung, Ngagoyoso. Seperti namanya, tempat ini kerap digunakan untuk olahraga paralayang.

Baca Juga: Bumi Perkemahan Pleseran, Tempat Kece Untuk Camping di Karanganyar

Selain itu juga dapat berkemah sambil menikmati pemandangan Karanganyar dan sekitarnya dari ketinggian. Anda juga dapat menyaksikan matahari terbenam dengan indah lewat tempat ini. Bagi yang ingin kemah di Bukit Paralang Segorogunung, cukup membayar biaya retribusi Rp15.000 dan tiket masuk Rp3.000 per orang sebagaimana informasi di akun Instagram @bukitparalayangsegorogunung.

3. Buper Segorogunung

Tempat kemah di Karanganyar
Buper Segorogunung. (Instgaram/@bupersegorogunung)

Berada di bawah Bukit Paralayang, Buper Segoro Gunung menjadi salah satu tempat berkemah favorit di Karanganyar. Buper ini seperti Pleseran berwujud hutan dan masih asri.

Di Buper ini terdapat air terjun yang ciamik untuk berfoto. Area kemah yang luas juga membuat penyelenggara kemah pramuka sekolah atau kegiatan-kegiatan diklat kampus memilih Buper Segorogunung menjadi destinasi kemah.

4. Telaga Madirda

tempat kemah di karanganyar
Telaga Madirda. (Instagram)

Tempat kemah di Karanganyar selanjutnya yaitu Telaga Madirda. Objek wisata ini menawarkan keindahan panorma telaga di lereng Gunung Lawu. Selain berwisata, pengunjung juga dapat berlama-lama menikmati suasana dan keindahan telaga ini dengan berkemah.

Baca Juga: Kali Pucung Kemuning karanganyar Favorit untuk River Tubing

Bagi yang ingin kemah di telaga ini, anda perlu merogoh kocek Rp25.000 untuk menyewa tempat per tenda. Sementara yang tidak membawa tenda dapat memilih beberapa paket kemah yang ditawarkan pengelola objek wisata di akun Instagram @telagamadirdaofficial. Seperti Paket Friend Camp Rp100.000 untuk kapasitas 2 orang meliputi sewa lokasi, 2 sleeping bag, 2 matras, dan lampu kemah.

5. Bukit Sekipan

Panggung mini di Bukit Sekipan Karanganyar objek wisata perhutani
Panggung mini di Bukit Sekipan Karanganyar (Mariyana Ricky/JIBI/Solopos)

Selain menawarkan keindahan alam yang asri, bukit sekipan juga banyak tempat-tempat yang Instagrammble hingga membuat Anda ingin berlama-lama di tempat ini.

Objek wisata ini menyediakan penginapan dan juga tempat kemah. Tiket reguler masuk Bukit Sekipan ini Rp50.000 untuk. Sementara tiket terusan yang dapat berjelajah Sekipan lebih luas harus merogoh kocek Rp100.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya