SOLOPOS.COM - Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. (Bisnis.com)

Solopos.com, LUMAJANG — Gunung Semeru yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, yang memiliki keindahan alam memesona ternyata juga menyimpan sejuta misteri.

Salah satu gunung berapi aktif ini menawarkan destinasi pendakian yang indah sekaligus menantang. Sampai saat ini sudah banyak pencinta alam yang menaklukkan gunung ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keindahan alam di Gunung Semeru ini sempat diperlihatkan di film 5 Cm yang dibintangi Fedi Nuril, Denny Sumargo, serta Raline Shah. Film tersebut memperlihatkan sejumlah spot indah nan memesona yang ternyata juga dikenal angker.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Selasa (7/12/2021), berikut lima tempat angker dan misterius di Gunung Semeru:

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Kokoh! Ini Satu-Satunya Rumah Selamat saat Erupsi Gunung Semeru

Arcopodo

Arcopodo merupakan tempat favorit bagi pendaki Gunung Semeru untuk beristirahat. Wilayah ini merupakan tanah datar yang luas, sehingga cocok dipakai mendirikan tenda.

Konon, di sana ada dua arca prajurit Majapahit yang berada di sana. Namun kabarnya hanya ada beberapa orang saja yang bisa melihat benda tersebut. Keduanya dianggap sebagai penjaga Gunung Semeru.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, 3 Gunung Berapi di Indonesia Siaga, 11 Waspada

Kali Mati

Kali mati merupakan salah satu spot favorit karena memiliki pemandangan yang indah. Konon dulu ada seorang pendaki yang hampir meninggal di sana, namun akhirnya terbangun karena pertolongan makhluk gaib.

Ranu Kumbolo

Keindahan Ranu Kumbolo yang merupakan danau di Taman Nasional Gunung Semeru sudah terkenal di kalangan pendaki. Danau ini merupakan rute termudah menuju ke puncak Gunung Semeru. Tetapi siapa sangka di balik keindahannya, danah yang disebut sebagai surganya Gunung Semru ini memiliki kisah misteri tentang makhluk halus yang menjelma menjadi emas. Hal ini pun memunculkan mitos untuk memancing di tempat tersebut.

Baca juga: Misteri Gunung Merapi: Pasar Bubrah – Bunker Kaliadem, Angker Gaes!

Kawasan Kelik

Tempat ini merukana lokasi misterius yang kabarnya membuat banyak pendaki kesurupan maupun mengalami kejadian misterius lainnya.

Puncak Mahameru

Lokasi ini dianggap sebagai tempat persemayaman para dewa. Berdasarkan cerita yang berkembang, Gunung Semeru ini dibawa langsung oleh Dewa Wisnu dari India. Gunung ini pun sampai saat ini diyakini umat Hindu sebagai tempat kediaman para dewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya