SOLOPOS.COM - Keindahan Curug Telu Baturaden. (Istimewa/Instagram @Instapurwokerto)

Solopos.com, BANYUMAS Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki beragam wisata yang menarik. Secara geografis Kabupaten Banyumas ini merupakan wilayah pegunungan atau dataran tinggi, salah satunya yang terkenal Gunung Slamet.

Dari kelebihan letak geografisnya tersebut menciptakan beragam destinasi wisata alam yang menakjubkan di dalamnya. Tidak sedikit di antaranya menarik perhatian wisatawan dalam negeri dan luar negeri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di Banyumas mempunyai banyak curug atau air terjun dengan keindahan alamnya yang khas. Dari sekian banyak curug tersebut sangat cocok dijadikan sebagai alternatif mengisi waktu liburan bersama teman maupun keluarga.

Berikut beberapa daftar rekomendasi destinasi wisata curug di Banyumas yang bisa Anda kunjungi.

1. Curug Ceheng

Wisata alam Curug Ceheng ini sangat diminati para remaja yang gemar berkemah serta sangat nyaman untuk berekreasi bersama keluarga. Letaknya berada di Kecamatan Sumbang ujung timur Kota Purwokerto, tepatnya di Kecamatan Sumbang yang berjarak sekitar 9 kilometer.

Ketinggian Curug Ceheng ini berada di kurang lebih 600 mdpl yang membuat suhu udara di sekitarnya terasa sangat sejuk. Daya tarik air terjun yang satu ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

Air Curug Ceheng ini sangat jernih sehingga airnya terasa sangat segar dan dapat menambah keseruan saat bermain air. Ditambah lagi tumbuhan paku di sekitar air terjun membuat pemandangannya lebih menawan.

Di sekitar Curug Ceheng ini ada banyak pedagang yang menjajakan aneka panganan untuk wisatawan. Panganannya juga beragam, mulai dari pecel, minuman ringan serta aneka jajan lainnya.

2. Curug Carang

Berbeda dengan Curug Ceheng, Curug Carang lokasinya masih cukup tersembunyi. Hal itu menjadikan destinasi wisata ini belum banyak terjamah para wisatawan.

Curug Carang ini berada di Desa Kemutung Kidul, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Meskipun tersembunyi, pesona keindahan Curug Carang tidak ada duanya. Air terjun ini juga memiliki dua macam air terjun dengan tinggi yang berbeda. Air terjun pertama tingginya sekitar 30 meter. Sementara yang kedua sekitar 10 meter.

Ditambah lagi tumbuhan lumut yang hidup liar di sekitar lokasi air terjun sangat memanjakan mata bagi siapa pun yang melihat.

3. Curug Cipendok

Curug Cipendok berlokasi di Dusun II Lebaksiu Karanganyar, Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar 25 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Curug Cipendok merupakan salah satu air terjun yang banyak sekali diminati para wisatawan. Banyak spot foto yang menarik untuk dicoba di sini.

Curug ini sudah dikelola dengan baik sehingga fasilitas yang didapatkan juga sudah sangat memuaskan diantaranya yaitu area parkir yang nyaman, mushola, cottage, area outbound, dan lain-lain.

Tak hanya itu, curug ini juga memiliki berbagai banyak hewan langka di sekitarnya. Anda bisa melihat elang Jawa yang berputar-putar mengelilingi tempat ini atau hewan endemik Purwokerto, yaitu monyet berwarna abu-abu.

Di sini Anda juga bisa merasakan sensasi udara pegunungan yang sejuk. Wisatawan yang datang bisa menikmati sejuknya Air Terjun Cipendok ini dengan mandi-mandi atau bermain di tepi kolamnya.

4. Curug Gomblang

Curug Gomblang beralamat di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Curug yang satu ini menawarkan megahnya air terjun yang jatuh dari ketinggian lalu Anda akan disapa hembusan angin yang terasa sejuk serta jernihnya air yang mengalir dari ketinggian.

Pengelola Curug Gomblang ini sudah melakukan banyak pengembangan di berbagai fasilitas di dalamnya. Di berbagai spot selfie untuk wisatawan misalnya dibangun deck untuk spot selfie atau foto bareng sahabat yang berkunjung.

Curug Gomblang ini merupakan salah satu wisata alam yang masih terjaga kelestariannya. Bisa dilihat dari kondisi airnya yang tidak pernah surut sepanjang tahun. Ditambah lagi airnya sangat jernih dan bebas dari sampah.

Dengan ketinggian sekitar 50 meter dan kolam utamanya tidak terlalu dalam membuat para pengunjung bebas untuk bermain air di bawah air terjun.

5. Curug Telu Baturaden

Sesuai dengan namanya Curug Telu, di sini pengunjung dapat menikmati tiga air terjun sekaligus dengan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Air terjun ini mempunyai tiga aliran curug yang terdiri dari satu curug besar dan dua curug kecil.

Anda akan menyaksikan indahnya air terjun yang saling berjejer dan dihiasi dengan tanaman hijau, lumut hijau, dan tumbuhan-tumbuhan paku yang menghiasi area Curug Telu.

Ditambah lagi dengan adanya bebatuan kecil yang bisa digunakan bermain menyusun batu dan ada batu besar untuk terjun dari samping curug. Ada pula kolam pemandiannya dengan kedalaman enam meter jika ingin berenang.



Uniknya, di belakang curug ini juga ada tebing yang menjadi tempat persinggahan kelelawar liar untuk tidur menutupi dirinya dari terik matahari.

Lokasi wisata Curug Telu ini berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya