SOLOPOS.COM - Salah satu menu di warung Seafood Pak Jenggot Pasar Gede Solo. (Istimewa/Akbarr bsp)

Solopos.com, SOLO — Anda penggemar seafood atau makanan laut? Jangan khawatir, banyak warung seafood di Kota Solo, Jawa Tengah yang sayang kalau Anda lewatkan.

Seafood atau makanan laut, sejumlah orang menyebutnya dengan boga bahari atau hidangan laut. Makanan laut menyajikan aneka jenis hewan yang ditangkap, dipancing, diambil dari laut maupun hasil budidaya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir dari laman id.wikipedia.org, istilah makanan laut mencakup mamalia laut, ikan, dan kerang. Makanan laut digemari karena keunikan rasa dan kandungan. Seafood merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral, seperti seng, zat besi, selenium, magnesium, dan yodium.

Apa saja jenis seafood? Ada ikan, cumi-cumi, kerang, tiram, gurita, udang, kepiting, teripang, bulu babi, dan lain-lain. Nah, di Kota Solo ini banyak terdapat warung seafood.

Setiap warung seafood di Kota Solo bisa menyajikan aneka menu makanan laut itu dengan dimasak menggunakan bumbu sesuai keinginan. Misalnya, asam manis, saus tiram, saus pedas, goreng biasa atau mentega, dan lain-lain.

Baca Juga : Rekomendasi Warung Seafood Enak & Murah di Solo

Bagaimana, sudah mulai berair mulut Anda? Tidak sabar mencicipi? Tenang, berikut ini Solopos.com rangkumkan rekomendasi warung seafood di Solo:

1. Warung Seafood Pak Jenggot

warung seafood di solo
Warung seafood Pak Jenggot di sekitar Pasar Gede Solo. (Istimewa/Instagram @anak_bakul_kerang)

Warung seafood ini berada di Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.54, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Solo. Warung tersebut buka setiap hari pukul 16.30 WIB hingga 23.00 WIB. Warung tersebut mendapatkan rating 4.2/5.

Dilansir dari Instagram, seafood Pak Jenggot menyajikan menu spesial kepiting gongso pedas. Pada foto yang diunggah di Instagram itu menampilkan bahwa warung seafood di Solo itu sudah buka sejak tahun 1980 atau sudah 42 tahun.

Pada aplikasi Google Maps tertera keterangan warung seafood Pak Jenggot menyediakan menu klasik goreng dan rebus dengan cocolan saus kacang nanas. Resep tersebut turun temurun.

“Tersedia juga menu masakan saus asam manis, saus tiram, saus padang, dan lain-lain. Ada juga menu baru masakan gongso pedas bagi pecinta kuliner pedas. Mangga pinarak berlokasai di Jl. Urip Sumoharjo atau utara Pasar Gede Solo,” tulisnya seperti dilansir Solopos.com, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga : Rekomendasi Warung Soto Piring Enak di Solo

2. Rumah Makan Seafood Pak Petruk Solo

warung seafood di solo
Menu kepiting goreng kering bikinan rumah makan seafood Pak Petruk Solo. (Istimewa/Instagram seafood_pakpetruk_solo)

Rumah makan seafood satu ini mengusung jargon rumah makan muslim. Warung seafood di Solo ini berada di Jl. Gajahmada No.48 Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Lokasi tersebut persis di depan Hotel Grand Orchid atau utara Hotel Novotel.

Warung tersebut buka setiap hari pukul 12.00 WIB hingga 00.00 WIB apabila mengacu laman Instagram @seafood_pakpetruk_solo. Warung tersebut mendapatkan rating 4.4/5 dari warga internet yang mengulas melalui laman Google.

3. Seafood Kiloan Pak De

warung seafood di solo
Menu makanan olahan kepiting, cumi-cumi, kerang, dan sayur kangkung bikinan tempat makan Seafood Kiloan Pak De di Solo. (Istimewa/Instagram @kulinernyus)

Warung seafood ini berada di Jl. R. M. Said No.49B, Ketelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Apabila mengacu lama Google, Seafood Kiloan Pak De buka setiap hari. Pada Sabtu-Kamis buka pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB sedangkan pada Jumat pada pukul 13.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Warung Selat Solo di Solo, Ada yang Buka Puluhan Tahun

“Seafood kiloan pakde adalah pelopor seafood kiloan di Kota Solo. Dengan mengedepankan bahan baku yang fresh, segar, dan kualitas terjaga tentunya,” tulis dalam unggahan Google seperti dilansir Solopos.com pada Jumat (10/6/2022).

Seafood Kiloan Pak De menyajikan menu kepiting, kerang, udang, ikan laut, aneka sayuran, dan sambal. Harga setiap menu mengacu hasil timbangan per ons, kecuali kepiting soka dihargai per porsi.

4. Kepiting Mas Agus di Balekambang Resto

warung seafood di solo
Salah satu menu bikinan warung seafood Kepiting Mas Agus di Balekambang Solo. (Istimewa/Instagram @olgha_richard)

Warung seafood ini berada di Jl. Balekambang No.7 Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Apabila mengacu mesin pencarian Google, tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga 22.00 WIB. Tempat makan tersebut mendapatkan rating 4.3/5 oleh guide lokal.

Nah, saat berkunjung ke warung seafood di Balekambang Resto ini Anda bisa sekaligus mampir ke Pasar Ikan Balekambang Solo. Pasar ikan yang menjual aneka hewan laut dan tawar ini buka mulai pukul 19.00 WIB. Anda bisa berburu berbagai jenis hewan laut maupun tawar dengan harga terjangkau.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Bakmi Jawa Enak di Solo, Kamu Pernah Coba yang Mana?

5. Kedai Sutarman

warung seafood di solo
Salah satu menu makanan yang disajikan di warung seafood Kedai Sutarman di Solo. (Istimewa/Instagram @kedai.sutarman)

Warung seafood ini berada di Jl. Sekar Jagad No.84 Pajang, Kecamatan Laweyan, Kota Solo. Warung makan ini buka setiap hari mulai pukul 09.30 WIB hingga 22.00 WIB.

Warung makan itu menyajikan sejumlah menu, seperti kepiting, udang, cumi, rajungan, gurita. Selain itu, mereka juga menyajikan menu nasi bakar dan aneka gorengan lain. “Seafood Segar, Kerang Kiloan dan Nasi Bakar,” tulis pemilik akun melalui laman Google seperti dilansir Solopos.com, Jumat.

Pada laman Instagram @kedai.sutarman, tertulis keterangan pelopor seafood murah Solo. Jadi, silakan dibuktikan apakah betul harga seafood di warung tersebut murah atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya