SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisata pantai di Gunungkidul, Jogja. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — Objek wisata pantai di kawasan Gunungkidul, Jogja sudah terkenal dengan keindahannya. Jogja memiliki deretan pantai cantik dengan ombak besar yang menantang.

Meski demikian, tidak perlu khawatir dengan ombak pantai selatan tersebut. Ada beberapa pantai di sana yang aman untuk berenang.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Mau tahu di mana saja lokasinya? Simak ulasan Solopos.com, Minggu (12/6/2022) tentang pantai di Gunungkidul, Jogja yang aman untuk berenang berikut ini:

Pantai Sedahan

Pantai Sedahan cukup aman untuk berenang karena diapit oleh dua tebing besar yang membuat ombak terpecah saat menabrak tebing tersebut. Selain aman untuk berenang, pantai ini juga kerap menjadi spot camping favorit bagi wisatawan.

Pantai Sedahan berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai di pantai ini, wisatawan perlu melakukan treking perjalanan kurang lebih 4 kilometer dari area parkir. Namun, perjalanan tidak terasa melelahkan karena terbayar dengan pemandangan persawahan yang menawan.

Baca juga: Pantai Pecaron, Wisata Paling Sepi di Kebumen

Pantai Greweng

Lokasi Pantai Greweng dekat dengan Pantai Sedahan, untuk sampai di pantai ini wisatawan harus treking sejauh 2 kilometer yang melewati bibir goa bawah tanah, tebing karang yang memukau, dan juga hutan kecil di sepanjang aliran sungai.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan pemandangan biota laut yang bisa dilihat dengan snorkeling. Pantai ini memiliki ombak yang cenderung kecil dan arus laut yang tenang, sehingga aman untuk berenang maupun snorkeling.

Namun, Anda harus tetap berhati-hati, karena terumbu karang bisa mengenai kaki dan bisa mengakibatkan luka. Pantai yang aman untuk berenang di Jogja ini berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Pantai ini menyajikan keindahan bawah laut yang menawan dan belum tercemar sampah, sehingga wisatawan juga dapat melihat biota laut dari permukaan dengan jelas dengan melakukan snorkeling.

Selain itu, pantai ini terdapat tebing besar bernama watu lawang, tebing ini dapat memecah ombak sebelum sampai ke bibir pantai. Dengan demikian, pantai ini aman menjadi tempat berenang yang menyenangkan.

Baca juga: Tercekik Utang Rentenir, Warga Gunungkidul Terpaksa Jual Tanah

Pantai Ngetun

Sama seperti Pantai Sedahan, Pantai Ngetun diapit dengan dua tebing tinggi yang memecah ombak besar sebelum sampai ke bibir pantai, sehingga aman untuk bermain air dan berenang sepuasnya.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengambil gambar sepuasnya di pantai ini karena pemandangan pantai ini sangat indah terlebih jika mengambil gambar dari atas tebing. Dari atas tebing, wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan lautan luas yang begitu menawan.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul: “Tak Perlu Takut, Ini 5 Pantai yang Aman untuk Berenang di Jogja”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya