SOLOPOS.COM - Stasiun KA Wonogiri di Kelurahan Giripurwo, Wonogiri, Senin (24/2/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Di dekat Stasiun Wonogiri terdapat sejumlah objek wisata yang patut dikunjungi wisatawan. Objek wisata itu rata-rata menawarkan keindahan alam.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) turut melirik kawasan Wonogiri dengan melayani relasi Solo (Purwosari)-Wonogiri melalui KA Batara Kresna.
KA berangkat dari Purwosari pada pukul 06.00 WIB, tiba di Wonogiri pada 07.45 WIB. Sebaliknya, keberangkatan dari Wonogiri ke Purwosari berlangsung pukul 08.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jadwal berikutnya dari Purwosari ke Wonogiri dimulai pukul 10.00 WIB. Sedangkan jadwal dari Wonogiri ke Purwosari pukul 12.00 WIB.

Saat wisatawan turun di Wonogiri, terdapat beberapa objek wisata di dekat Stasiun Wonogiri. Berikut lima objek wisata yang patut dikunjungi wisatawan.

1. Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri

Baca Juga: Dolan Solo-Wonogiri Naik Kereta Batara Kresna, Catat Rute dan Tarifnya

WGM menjadi objek wisata andalan di dekat Stasiun Wonogiri. Kepala UPT Objek Wisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Pardiyanto, pernah menyampaikan WGM menjadi penyumbang pendapatan terbanyak dibandingkan empat objek wisata lain yang dikelola Pemkab.

2. Gunung Gandul Hill Top

Gunung Gandul Hill Top baru saja dibuka untuk umum sesudah Lebaran 2022. Gunung Gandul Hill Top berada di Jl. Gunung Gandul, Area Hutan, Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Gunung Gandul Hill Top baru-baru ini menjadi salah satu wisata yang diminati oleh pengunjung. Lokasinya yang berada di kawasan perkotaan menjadikan Gunung Gandul Hill Top menjadi salah satu wisata di dekat Stasiun Wonogiri yang wajib dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: Waktu Tempuh Bus Solo-Wonogiri Jauh Lebih Cepat Dari Railbus? Cek Yuk!

3. Alas Kethu

Alas Kethu terletak di Giriwono, Wonogiri, Jawa Tengah. Alas Kethu memiliki luas sekitar 40 hektare. Terdapat berbagai jenis pohon di Alas Kethu seperti Jati, Mahoni, Akasia, Sono, Kayu Putih, dan sebagainya. Untuk menuju Alas Kethu hanya membutuhkan waktu 15 menit dari pusat kota.

4. Puncak Joglo

Puncak Joglo berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Puncak Joglo merupakan landasan pacu Paralayang berkelas Internasional. Puncak Joglo juga menjadi tempat favorit untuk berswafoto sekaligus menikmati keindahan Wonogiri dari ketinggian.

Baca Juga: Petani Ikan di WGM Tak Boleh Tambah Petakan Keramba, Ini Alasannya

5. Watu Cenik

Objek wisata ini menyuguhkan panorama yang indah, yakni WGM Wonogiri. Pengunjung yang datang tak ingin melewatkan kesempatan berswafoto dan foto kelompok berlatar pemandangan yang memesona itu. Lokasi objek wisata Watu Cenik juga relatif tak jauh dari Stasiun Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya