SOLOPOS.COM - Tangkapan layar pria yang makan kaktus demi pengikutnya. (Tiktok/ @raden.sumedang)

Solopos.com, SOLO — Video pria yang memakan tumbuhan kaktus menjadi viral di Tiktok beberapa hari lalu. Tak sedikit netizen yang mengkhawatirkan kesehatan pria yang memakan kaktus tersebut.

Tak banyak juga orang tahu bahwa menyantap kaktus dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari Suara.com, Rabu (15/12/2021), ada sejumlah jenis kaktus yang dapat dikonsumsi, seperti kaktus barrel atau sejumlah orang menyebutnya semangka berduri, opuntia, agave, apel peru, dan buah naga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kaktus memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat baik bagi tubuh. Misalnya, kaktus jenis opuntia atau pir berduri bisa diolah menjadi makanan yang menyehatkan ala Meksiko, yakni Nopales. Olahan Nopales berbahan kaktus opunti ini memiliki rasa dan tekstur seperti kacang hijau.

Tapi ingat, sebaiknya memilih kaktus yang masih muda untuk dimasak agar rasanya lezat. Berikut manfaat menyantap kaktus, seperti dihimpun dari Hellosehat:

1. Mengendalikan Gula Darah

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal ISRN Pharmacology menyebutkan makan kaktus dapat membantu mengendalikan gula darah sehingga kaktus aman dikonsumsi penderita diabetes.

Baca Juga: Semarang Surga Alpukat Wina Ukuran Jumbo di Jawa Tengah

2. Banyak Kandungan Nutrisi

Mengonsumsi kaktus tidak hanya bisa mengendalikan gula darah. Namun terdapat sejumlah kandungan nutrisi.

Kaktus mentah seberat 128 gram mengandung 3 gram karbohidrat, 1 gram protein, 2 gram serat, dan 14 kalori yang menyehatkan tubuh. Kaktus juga mengandung zat bergizi, seperti 20 mikrogram vitamin A, 8 miligram vitamin C, 4,6 mikrogram vitamin K, dan 141 miligram kalsium.

Vitamin dan mineral berperan menjaga kelangsungan fungsi tubuh.

3. Memperlancar Pencernaan

Manfaat makan kaktus selanjutnya, yaitu memperlancar pencernaan. Kaktus memiliki banyak kandungan serat pangan yang diperlukan sistem pencernaan.

Baca Juga: Kratom Narkotika Indonesia Subur di Hutan Kalimantan

Serat pada kaktus mampu merangsang gerak peristaltik atau gerakan meremas pada otot-otot halus di sepanjang usus. Memakan kaktus dapat mengurangi risiko gangguan pencernaaan, seperti diare dan sembelit.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang susah menurunkan berat badan bisa mencoba mengonsumsi kaktus mentah atau sudah dimasak. Kandungan vitamin B kompleks dapat mempercepat metabolisme, sehingga banyak kalori yang terbakar.

Kandungan serat kaktus dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan. Kaktus juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan membantu pembakaran lemak sehingga berat badan menurun.

Baca Juga: Harga Tanaman Hias Ini Juga Fantastis Seperti Monstera King Variegata

5. Menurunkan Risiko Kanker

Makan lain kaktus adalah menurunkan risiko kanker. Kaktus mengandung antikoksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang memicu pembentukan kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya