5 Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Bisa untuk Cegah Batu Ginjal
Solopos.com|lifestyle

5 Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Bisa untuk Cegah Batu Ginjal

Ada sejumlah manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh kita.

Solopos.com, JAKARTA--Ada sejumlah manfaat air kelapa bagi tubuh, salah satunya untuk mencegah batu ginjal. Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Minuman ini tak hanya lezat diminum saat matahari bersinar terik, melainkan juga memberi Anda energi instan dan membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Minuman ini bagus untuk mengatur berat badan, karena rendah kalori dan tidak memiliki tambahan gula seperti nimbu pani atau shikanji tradisional.

Minuman ini memiliki enzim dan mineral alami seperti kalium yang menjadikannya minuman yang sangat sehat. Berikut 5 manfaat air kelapa sebagaimana dilansir dari Times of India dan Bisnis.com, Kamis (15/4/2021) :

1. Kaya nutrisi

Manfaat air kelapa adalah kaya nutrisi. Sari buah bagian tengah dari kelapa hijau muda. Buah ini mengandung 94 persen air dan sangat sedikit lemak. 250 ml air kelapa mengandung 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2 gram protein, 10 persen RDI vitamin C, 15 persen RDI magnesium, 17 persen RDI Mangan, 17 persen RDI Kalium, 11 persen RDI natrium dan 6 persen kalsium RDI.

Baca Juga:  Merasa Lelah Setelah Rapat Virtual? Ini penjelasan Pakar

2. Mengandung antioksidan

Manfaat lain air kelapa adalah mengandung antioksidan. Ketika terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh Anda, tingkat stres oksidatif meningkat, yang dapat merusak sel-sel Anda dan meningkatkan risiko penyakit. Penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan  mengandung antioksidan yang dapat mengubah radikal bebas sehingga tidak berbahaya lagi. Studi lain menemukan bahwa tikus yang mengalami kerusakan hati menunjukkan peningkatan stres oksidatif saat diberi air kelapa dibandingkan dengan tikus yang tidak mendapat pengobatan sama sekali. Tidak hanya itu, konsumsi air kelapa juga menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin pada tikus yang diobati dengannya.

3. Mungkin bermanfaat melawan diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa minuman ini dapat menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang mengindikasikan kontrol gula darah jangka panjang yang baik. Penelitian lain menemukan bahwa memberikan air kelapa kepada tikus dengan diabetes meningkatkan kadar gula darah dan mengurangi stres oksidatif. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan tersebut.

Air kelapa merupakan sumber magnesium yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes.

4. Membantu mencegah batu ginjal

Minum cukup cairan membantu dalam pencegahan batu ginjal. Meskipun air putih adalah pilihan yang baik, tetapi penelitian menunjukkan air kelapa lebih baik. Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam urin. Ini bisa membentuk batu. Namun, beberapa orang lebih rentan mengembangkan batu daripada yang lain.

Baca Juga: Ini Menu Berbuka Puasa yang Sehat untuk Tubuh

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang memiliki batu ginjal, air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Ini juga membantu mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin. Diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk mengetahui efeknya pada batu ginjal.

5. Dapat menunjang kesehatan jantung

Manfaat air kelapa berikutnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, tikus yang mengonsumsi minuman ini mengalami penurunan kolesterol darah dan trigliserida. Mereka juga mengalami penurunan lemak hati yang signifikan. Padahal manusia mungkin perlu mengonsumsi banyak untuk mendapatkan manfaat yang sama.

 

 




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago