SOLOPOS.COM - Ilustrasi sate. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Indonesia dikenal memiliki banyak makanan lezat yang terkenal hingga ke kancah internasional. Beberapa makanan asli negeri ini bahkan sering disajikan dalam berbagai festival di kelas dunia.

Inilah lima makanan lezat khas Indonesia yang mendunia:

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Nasi Goreng

Nasi goreng menjadi makanan Indonesia yang sangat terkenal di dunia. Makanan ini dianggap sebagai hidangan serbaguna yang bisa disantap dalam kondisi apapun. Bumbunya yang sederhana namun kaya rasa membuat makanan yang satu ini digemari banyak orang.

Ekspedisi Mudik 2024
makanan indonesia
Ilustrasi nasi goreng. (Freepik)

Rendang

Masakan khas dari Sumatra Barat ini dikenal memiliki cita rasa khas yang kaya rempah asli Indonesia. Makanan olahan daging sapi ini bahkan menduduki posisi tinggi dalam daftar 50 Makanan Terlezat Dunia versi CNN Internasional tahun 2011.

Baca juga: Hadir di Griya Solopos, Kedai I Am in Love Siap Ramaikan Kuliner Solo

Sate

Makanan khas Indonesia yang mendunia lainnya adalah sate. Beberapa restoran telah menunjukkan hal ini dengan memasukkan hidangan sate ke dalam menu mereka, seperti Satay Junction di New York.

Sate Indonesia dibuat dengan daging domba dan ayam, dimasak dengan cara dibakar lalu disiram dengan kecap atau saus kacang.

makanan indonesia
Ilustrasi bakso. (Freepik)

Bakso

Makanan Indonesia selanjutnya yang mendunia adalah bakso. Makanan untuk segala usia ini sangat enak dan menyegarkan.

Tak hanya itu, bakso yang lembut, kenyal, lidah-lidah dan bikin ketagihan ini juga menjadi makanan favorit mantan Presiden AS Barack Obama.

Baca juga: Sup Becek, Kuliner Ikonik Grobogan yang Bikin Nagih

Gado-Gado

Gado-gado termasuk dalam daftar masakan khas Indonesia yang mendunia lainnya. Masakan asal Jawa berupa sayur rebus, irisan telur, sedikit bawang goreng dan sambal kacang ini disebut sebagai salad versi Indonesia.

Berbeda dengan salad sayuran biasa, gado-gado tidak menggunakan mayones sebagai dressing, melainkan diolah dengan selai kacang yang sangat nikmat.

Meski sederhana, masakan Indonesia ini lebih dari sekedar makanan, karena masakan Indonesia ini berhasil meraih juara pertama dalam kategori estetika presentasi pada International Cooking Competition 2010 di Naples, Italia.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul: Terkenal! Daftar 7 Makanan Indonesia yang Mendunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya