SOLOPOS.COM - Warga tengah menikmati keindahan Jembatan Nusantara di kawasan Jalan Lingkar Kota Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, beberapa waktu lalu.

Solopos.com, WONOGIRI – Ada banyak lokasi ngabuburit asyik di Wonogiri, Jawa Tengah, yang menjaddi jujugan warga selama Ramadan.

Lokasi ngabuburit di kawasan perkotaan Wonogiri ini beragam, mulai dari tempat nongkrong, spot pemandangan alam terbuka, hingga tempat olahraga. Ada banyak pedagang makanan yang mangkal di lokasi itu menjelang buka puasa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, ketika mengunjungi kelima lokasi ngabuburit di Wonogiri itu harus tetap menerapkan protokol kesehatan, sebab pandemi Covid-19 masih berlangsung. Selalu memakai masker, mencuci tangan dan juga menjaga jarak. Lokasi keramaian selalu diawasi oleh Satgas Covid-19 Wonogiri.

Berikut ini lima lokasi ngabuburit yang cocok dikunjungi di kawasan perkotaan Wonogiri menjelang buka puasa berdasarkan rekomendasi Solopos.com:

Baca juga: 4 Takjil Favorit Warga Soloraya, Mana Kesukaanmu?

Alun-Alun Wonogiri

Lokasi pertama yang banyak dikunjungi warga Wonogiri dan sekitarnya untuk menunggu waktu berbuka puasa yakni kawasan Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Lokasinya yang strategis di tengah-tengah kota menjadi salah satu alasan kawasan itu ramai.

Ngabuburit di alun-alun bisa sembari membeli makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Karena Pemerintah Kabupaten Wonogiri sudah membolehkan para Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan di sekitar alun-alun sejak awal Ramadan.

Makanan dan minuman yang dijual para PKL beragam, mulai dari makanan ringan seperti bakso bakar, cireng telur, aneka makanan dan minuman takjil hingga makanan berat seperti penyetan dan bakso.

Baca juga: Taman Wisata WGM Wonogiri Direnovasi Makin Ciamik, Tiket Masuk Berapa?

Monumen Bedol Desa

Monumen Bedol Desa dikenal dengan istilah Plaza Waduk Gajah Mungkur (WGM). Lokasi ini berada di Karang Talun, Desa Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Bagi yang ngabuburit di tempat ini bisa menikmati keindahan waduk gajah mungkur. Karena lokasinya berada di pinggir perairan WGM dan berdekatan dengan bendungan. Selain itu juga bisa melalukan refleksi sejarah bedol desa karena pembangunan WGM.

Di kawasan itu juga terdapat sejumlah PKL yang berjualan dan menyajikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Baca juga: Klaster Masjid di Banmati Sukoharjo: Imam Positif Covid-19, 50 Jemaah Isolasi Mandiri

Stadion Pringgodani

Stadion ini berada di Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri. Setiap sore banyak warga sekitar yang melakukan jogging di dalam stadion. Di  kawasan luar stadion banyak spot yang dapat digunakan untuk nongkrong.

Selain itu di kawasan itu banyak pedagang yang berjualan aneka makanan dan minuman takjil mulai dari ringan hingga berat. Di depan stadion terdapat masjid. Jadi bisa berbuka di sekitar stadion dan dilanjutkan salat di sekitar sana saja.

Baca juga: Uang Hasil Pungli Zakat di Gajahan Terkumpul Rp11,5 Juta/15 Hari

Jembatan Nusantara

Jembatan Nusantara merupakan salah satu ikon baru Wonogiri yang berlokasi di jalan lingkar kota (JLK) ini berada di Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Wonogiri.

Menjelang buka puasa sejumlah warga ngabuburit di sana. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah dan cantik, jalan menuju ke sana cukup bagus dan mudah meski berada di kawasan perdesaan. Sejumlah pedagang berjualan menjelang buka puasa di sana.

Baca juga: Sega Bancakan, Kuliner Ngangeni & Penuh Arti Khas Soloraya

Tugu Pusaka

Tugu Pusaka merupakan ikon Kecamatan Selogiri. Lokasinya berada Lingkungan Gunungwijil, Kelurahan Kaliancar, Selogiri, Kabupaten Wonogiri, tepatnya di sebelah barat ruas Jalan Raya Solo-Wonogiri.

Kawasan Tugu Pusaka ini cukup luas dan terdapat beberapa ruko. Selain itu cocok untuk nongkrong dan ngabuburit. Setiap sore atau petang banyak pedagang yang berjualan di kawasan itu. Tak hanya menyuguhkan kuliner, di sana juga ada beberapa tempat permainan anak-anak, seperti odong-odong dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya