[ X ] CLOSE

5 Kuliner Kambing Lezat Khas Solo, Nyam Nyam Nyam...

Ada lima jenis kuliner kambing khas Solo yang terkenal lezat dan disukai banyak orang.
5 Kuliner Kambing Lezat Khas Solo, Nyam Nyam Nyam...
SOLOPOS.COM - Ilustrasi sate buntel. (Okezone.com)

Solopos.com, SOLO –  Masakan dari daging kambing menjadi salah satu kuliner khas di Kota Solo, Jawa Tengah. Belum lengkap rasanya berkunjung ke Solo tanpa menikmati aneka makanan lezat dari daging kambing.

Bukan hanya sate, daging kambing diolah menjadi berbagai makanan lezat di berbagai kedai yang tersebar di Kota Solo. Penasaran kuliner kambing apa saja yang wajib dicicipi saat bertandang ke Solo? Simak ulasannya berikut ini:

Sate Kambing

Cita rasa kelezatan sate kambing khas Solo tidak perlu diragukan lagi. Perpaduan rempah-rempah pilihan dengan kecap manis yang berpadu dengan gurihnya daging kambing amat menggugah selera. Aneka bumbu tersebut menyamarkan aroma khas kambing yang prengus sehingga membuat kuliner ini terasa lezat.

Baca juga: Sejarah Bakso Wonogiri Ternyata Awalnya dari Solo

Sate Buntel

Jika tidak ingin merasakan daging kambing yang alot, Anda bisa mencicipi olahan sate buntel. Kuliner yang cukup terkenal di Solo ini dibuat dari daging kambing cincang yang dibalut dengan lemak lalu dibakar. Bumbu sate ini tidak jauh berbeda dari sate kambing pada umumnya, yaitu kecap manis, merica, serta bawang putih dan bawang merah.

Baca juga: 5 Sate Kambing Paling Enak di Solo, Mana Langgananmu?

Gulai

Bagi penyuka makanan berkuah santan yang kental dan berlemak, Anda bisa mencicipi gulai kambing. Kuliner yang cukup terkenal di Solo ini dibuat dari aneka jeroan kambing seperti babat, usus, paru, hingga torpedo. Jangan khawatir prengus, aneka rempah yang menjadi bumbu masakan ini dijamin menyamarkan bau kambing.

Tongseng

Bagi yang ingin makan kuliner kambing khas Solo yang berkuah dengan rasa gurih manis, coba cicipi tongseng. Makanan ini terbuat dari daging kambing yang diberi kuah gulai dengan tambahan irisan tomat serta kol dan diberi kecap manis.

Baca juga: Sambal Tumpang Mbok Jami, Kuliner Legend Sragen Langganan Jokowi

Tengkleng

Terakhir ada kuliner tengkleng kambing khas Solo. Tengkleng adalah masakan sejenis sup dengan bahan utama tulang kambing dan aneka jeroan. Bumbu tengkleng tidak berbeda jauh dengan gulai, namun kuahnya lebih cair sehingga tidak membuat enek. Tulang kambing ini direbus dalam waktu lama sampai menjadi kaldu yang legit dan gurih.

Baca juga: Yes, KRL Jogja-Solo Tambah 4 Perjalanan Akhir Pekan Ini



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago