SOLOPOS.COM - Obat Covid-19 rekomendasi Unair Surabaya. (Detik.com)

Solopos.com, SURABAYA – Tim peneliti dari Universitas Airlangga atau Unair Surabaya menemukan lima kombinasi obat untuk mengatasi Covid-19. Kelima obat tersebut sudah bisa dipakai lantaran telah tersedia di pasaran.

Rektor Unair, Prof Mohammad Nasih, menyebut lima regimen kombinasi obat Covid-19 tersebut terdiri dari loprinavir-ritonavir-azitromisin, loprinavir-ritonavir-doxixiclin, loprinavir-ritonavir-klaritomisin, hidroksiklorokuin-azitromisin dan hidroksiklorokuin-doksisiklin.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penemuan lima kombinasi obat untuk mengatasi Covid-19 merupakan komitmen Unair dalam menemukan obat vaksin virus corona.

Prof Mohammad Nasih mengatakan obat tersebut efektif mencegah virus masuk dan berkembang di dalam tubuh.

“Regimen kombinasi obat ini telah dinyatakan memiliki efektivitas untuk mencegah masuknya virus, menghambat replikasi, dan mencegah perkembangan virus,” terangnya seperti dikutip dari Detik.com, Senin (15/6/2020).

Pesepeda Kasihan Meninggal di Parit Kulonprogo, Diduga Kelelahan Nanjak

Dia menambahkan penggunaan lima kombinasi obat Covid-19 rekomendasi Unair itu terjamin keamanannya. Kombinasi tersebut bisa dipakai dengan cepat lantaran telah lulus uji klinis dan tersedia di pasaran.

Lima kombinasi obat untuk Covid-19 itu juga telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga aman dipakai. Rekomendasi penggunaan lima obat tersebut telah diteliti dalam proses uji toksisitas.

Uji Coba

Pengujian tersebut dilakukan dengan menumbuhkan berbagai sel yang menjadi target virus. Mulai dari sel paru-paru, sel ginjal, sel trakea, dan sel liver yang menjadi tempat virus SARS-CoV-2 bereplikasi.

“Sel SARS-CoV-2 sampelnya yang didapat dari RSUA dan sudah mendapat sertifikasi uji layak etik dari Tim Etik RSUA,” sambung dia.

2 Hari Boyolali Tambah 16 Kasus Positif Covid-19

Selanjutnya dilakukan uji kombinasi obat dari sel sehat untuk mencari dosis toksik kombinasi obat tersebut. Setelah itu dilakukan pengjian potensi kombinasi obat untuk menghambat masuknya virus ke sel target sembari melihat efektivitasnya mengurangi proses replikasi.

Hasilnya regimen kombinasi obat tersebut menghambat proses replikasi virus corona.

“Kami pun merekomendasikan kelima regimen kombinasi obat ini kepada para dokter dan rumah sakit. Karena sangat efektif mencegah masuknya virus dan mencegah perkembangbiakan virus,” jelas Prof Mohammad Nasih.

Cek di Sini! Ini Jadwal Pemadaman Listrik di Solo & Karanganyar, Selasa (16/6/2020)

Kelima kombinasi obat untuk Covid-19 rekomendasi Unair bisa didapatkan di pasaran. Peneliti berharap obat ini bisa dipakai merawat pasien Covid-19.

“Namun untuk dosis dari lima regimen kombinasi obat belum bisa dipaparkan. Karena masih menunggu rekomendasi dari tim peneliti,” tandasnya.

Gokil Men! Mitsubishi Bakal Bikin Kapal Tanpa Awak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya