5 Kepala OPD di Sukoharjo Dilantik, Ini Nama-Namanya
Solopos.com|soloraya

5 Kepala OPD di Sukoharjo Dilantik, Ini Nama-Namanya

Menurutnya, para pejabat baru memiliki beban dan tanggung jawab dalam pembinaan kepegawaian dan menjawab beragam tantangan pada masa mendatang.

Solopos.com, SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo Etik Suryani melantik lima kepala organisasi perangkat daerah atau OPD baru hasil seleksi lelang jabatan secara terbuka.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat eselon II dilaksanakan di lobi Kantor Bupati Sukoharjo, Kamis (27/5/2021). Acara itu dihadiri Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa, Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi dan sejumlah kepala OPD.

Lima kepala OPD yang dilantik meliputi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sukoharjo, Budi Susetyo; Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Sumini; Kepala Dinas Pangan Sukoharjo, Endang Tien Maryuni; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sukoharjo, Suyamto, dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho.

Baca juga: Dukung Wisata Jamu di Sukoharjo, Industri Didorong Manfaatkan Pasar Digital

“Saya garis bawahi para pejabat baru yang dilantik harus tertib administrasi dan mematuhi perundang-undangan. Mereka telah memiliki kompetensi dan rekam jejak di bidangnya masing-masing,” kata Bupati Sukoharjo, Kamis.

Etik menyebut pelantikan pejabat eselon dua telah sesuai prosedur yang diatur dalam regulasi termasuk izin tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

Tanggung Jawab Pembinaan

Menurutnya, para pejabat baru memiliki beban dan tanggung jawab dalam pembinaan kepegawaian dan menjawab beragam tantangan pada masa mendatang.

“Para pejabat baru diharapkan mampu bersinergi dengan OPD lainnya dalam menjalankan roda pemerintahan dan mengelola keuangan daerah. Sehingga bisa menyumbangkan kontribusi positif guna mewujudkan good government,” ujar dia.

Baca juga: 250 Lansia di Madegondo Sukoharjo Jadi Target Vaksinasi Covid-19

Etik meminta para pejabat baru segera cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja dan bekerja secara maksimal. Terlebih, pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga butuh penanganan khusus baik aspek kesehatan, ekonomi maupun sosial.

Sebelumnya, Pemkab Sukoharjo telah membuka seleksi terbuka lima jabatan tinggi pratama yang kosong pada 2020. Proses seleksi lelang jabatan diselenggarakan oleh panitia seleksi (Pansel) mutasi pejabat.

Hal ini sesuai UU No 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menyebutkan sebelum pemimpin daerah melakukan mutasi atau rotasi pejabat maka harus terlebih dahulu dilaksanakan proses seleksi yang dilakukan pansel yang independen.

Baca juga: Pembangunan Gedung Pertemuan Rp52 Miliar di Sukoharjo Dimulai Juni 2021

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho, mengatakan bakal melaksanakan program kegiatan guna menyokong Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sukoharjo 2021-2026 serta visi dan misi Bupati-Wakil Bupati Sukoharjo.

Pria yang akrab disapa Aji ini menyampaikan ingin mengeksplorasi potensi kepemudaan dan olahraga di Kabupaten Jamu. Banyak talenta dan bibit muda atlet yang bisa dikembangkan pada masa mendatang.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago