5 Jajanan Enak Khas Solo Cocok untuk Takjil
Solopos.com|soloraya

5 Jajanan Enak Khas Solo Cocok untuk Takjil

Inilah deretan kuliner lezat di Solo yang cocok dijadikan takjil untuk berbuka puasa.

Solopos.com, SOLO – Rasa-rasanya seperti tidak pernah ada habisnya membahas kuliner khas Kota Solo. Cita rasa kuliner khas Solo cenderung manis, sehingga cocok disantap sebagai takjil.

Nah, sudah tahu apa saja makanan dari Solo yang wajib dicicipi untuk buka puasa? Simak rekomendasi Solopos.com berikut ini:

Jenang Grendul

Jenang grendul atau ada juga yang menyebut bubur candil merupakan ssalah satu makanan tradisional khas Jogja yang banyak ditemukan di Solo. Saat Ramadan tiba, banyak penjual takjil di Solo yang menjajakan kudapan yang satu ini.

Jenang grendul.

Jenang grendul adalah bubur yang terbuat dari tepung ketan dan tepung beras dengan bentuk bulat-bulat berwarna cokelat karena diberi campuran gula jawa. Rasanya yang manis dan gurih sangat cocok dinikmati saat azan magrib berkumandang.

Baca juga: Ekspedisi KRL Solo-Jogja: Berburu Kuliner Langka di Pasar Gede, Murah & Wareg Polll!

Kolak

Buka puasa sepertinya kurang lengkap tanpa menyantap kolak, salah satu hidangan favorit saat Ramadan. Kolak merupakan salah satu kudapan yang banyak dijual para pedagang takjil di Kota Solo, Jawa Tengah.

Bukan hanya pisang, kolak di Solo biasa diberi campuran labu kuning (waluh), singkong, ubi, hingga kolang-kaling.

Kolak pisang

Dadar Gulung Enten-Enten

Kue dadar gulung juga biasa disajikan sebagai takjil saat Ramadan di Solo. Salah satu yang paling khas adalah dadar gulung isi enten-enten alias parutan kelapa yang dibumbui gula merah. Rasanya yang manis-manis gurih membuat kudapan ini mantap disantap saat berbuka.

Dadar gulung enten-enten.

Semar Mendem

Bagi yang ingin lebih kenyang Anda bisa mencicipi semar mendem. Rasa semar mendem mirip dengan lemper, namun dengan tambahan lain yang membuatnya lebih kaya rasa. Adonan ketan dan ayam atau abon dibungkus telur dadar dan diberi kuah manis bernama areh yang dibuat dari maizena dengan santan kental.

Semar mendem

Sosis Solo

Nah bagi penyuka gorengan sebagai takjil, Anda bisa mencicipi sosis solo. Makanan yang satu ini jelas selalu ada di setiap lapak pedagang takjil. Nah dah lapar belum nih, yuk cari takjil untuk buka puasa.

takjil solo
Sosis solo. (Instagram)




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago