SOLOPOS.COM - Suasana Pasar Malam Sekaten di Alun-alun Utara Keraton Solo, Jumat (16/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Polsek Pasar Kliwon Solo mengimbau pengunjung Pasar Malam Sekaten berhati-hati menjaga barang bawaan agar tidak menjadi sasaran aksi maling yang gentayangan di keramaian.

Dalam lima hari penyelenggaraan pasar malam tersebut, Polsek Pasar Kliwon menerima tujuh laporan kehilangan dompet dan handphone (HP) dari pengunjung Pasar Malam Sekaten. Pelaku menyasar kru wahana permainan hingga pengunjung yang lengah di area Sekaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Polsek Pasar Kliwon dan Polresta Solo menerima lima laporan kehilangan HP dan dua laporan kehilangan dompet sejak pembukaan Sekatan pada Jumat (16/9/2022). Sebagian laporan kehilangan dompet dan HP itu disampaikan pengunjung.

Sebagian lainnya dari para kru wahana permainan yang juga menjadi korban maling HP di area Pasar Malam Sekaten Solo. Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Marwanto, mengatakan pengunjung maupun kru wahana permainan melaporkan peristiwa pencurian ke Polsek Pasar Kliwon dan Polresta Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Mereka kehilangan dompet dan HP saat berdesak-desakan di area sekaten. “Total ada tujuh laporan pencurian dompet dan HP selama lima hari. Mulai saat acara pembukaan sekaten pada Jumat hingga sekarang,” ujar dia, Selasa.

Baca Juga: Tiket Panggung Hiburan Sekaten Solo Dianggap Kemahalan, EO: Ada Artis Nasional

Aksi pencurian HP kali terakhir terjadi pada Senin (19/9/2022) sekitar pukul 06.00 WIB.  Kala itu, kru wahana permainan bernama Wisnu Saputra, warga Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, baru bangun tidur.

Dihajar Massa

Dia kaget mendapati HP miliknya raib. Wisnu lantas memberi tahu rekan kerjanya Novianto Prasetyo, warga Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Mereka lantas mencari HP di sekitar area wahana permainan Pasar Malam Sekaten Solo. “Selang dua jam, pelaku pencurian tertangkap di area Sekaten. Pelaku bernama Heri Gunawan, warga Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon,” ujarnya.

Baca Juga: Parkir Mobil hingga Rp20.000, Pengunjung Sekaten Solo Ngadu ke Gibran

Mantan Kasatlantas Polres Wonogiri itu menyampaikan pelaku sempat mendapat bogem mentah dari massa di area Sekaten. Kondisi pelaku babak belur dan langsung dibawa ke RSU Kustasti dan langsung digelandang ke Polresta Solo.

Lebih jauh, Marwanto menyampaikan petugas disebar ke sejumlah lokasi di area Pasar Malam Sekaten Solo. Sementara patroli keliling juga bakal ditingkatkan guna menjamin keamanan pengunjung.

“Patroli keliling setiap malam terus dilakukan. Bahkan, saya sendiri juga sering ikut patroli keliling di area sekaten pada malam hari,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya