Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

5 Hari Jelajahi 8 Daerah, Tim Ekspedisi Solopos Potret Geliat UMKM Jateng

Tim Ekspedisi UMKM akan mengupas hal-hal menarik tentang UMKM, baik dari sisi produk, ketangguhan kinerja hingga proses transformasi.
SHARE
5 Hari Jelajahi 8 Daerah, Tim Ekspedisi Solopos Potret Geliat UMKM Jateng
SOLOPOS.COM - Ilustrasi UMKM di Rumah BUMN Rembang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Solopos Media Group bakal menggelar Ekspedisi UMKM 2022. Selama lima hari pada Senin-Jumat (22-26/8/2022), tim ekspedisi akan menjelajahi delapan daerah di Jawa Tengah untuk memotret geliat UMKM.

Ekspedisi UMKM 2022 menjadi ekspedisi keempat yang digelar Solopos Media Group pada 2022. Sebelumnya, Solopos sudah menggelar Ekspedisi Pendidikan, Ekspedisi Surga Kuliner Solo, dan Ekspedisi Energi 2022.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Empat personel diterjunkan untuk menjelajah delapan daerah di Jateng seperti Kota Solo, Karanganyar, Wonogiri, Klaten, Semarang, Magelang, dan Rembang. Tim ekspedisi akan dipimpin Ika Yuniati, kemudian Ni’matul Faizah (reporter), Andika Wahyu Purnama (videografer), dan Martoyo (driver).

Pemimpin Redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih, menjelaskan Tim Ekspedisi UMKM akan mengupas hal-hal menarik tentang UMKM, baik dari sisi produk, ketangguhan kinerja hingga proses transformasi yang dilakukan UMKM untuk mampu memperluas pasar di kancah nasional bahkan ada yang merengsek ke pasar ekspor.

Baca Juga: Semen Gresik Siap Bawa 5 Produk UMKM Binaan Terbaik ke Belanda

“Tema-tema yang diangkat dalam program ekspedisi tersebut mencakup kinerja UMKM go digital, kinerja UMKM go global, aneka layanan keuangan khususnya pembiayaan dan fasilitas lain untuk pengembangan UMKM,” kata Rini kepada Solopos.com, Jumat (19/8/2022).

Ekspedisi UMKM 2022 yang digelar Solopos Media Group didukung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Telkom Indonesia, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Semen Gresik, Yayasan Dharma Bhakti Astra, dan Sun Star Motor yang meminjamkan kendaraan Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan ekspedisi.

Solopos sengaja menggelar Ekspedisi UMKM 2022 karena tidak bisa dimungkiri UMKM kini menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Sebanyak 61% UMKM menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) dan 97% menyerap tenaga kerja di Indonesia.

Sedangkan pelaku UMKM berbasis digital mencapai 15,3 Juta atau 23,9 %. Tahun 2024, pemerintah membidik 30 juta UMKM bertransformasi ke dunia digital.

Baca Juga: Sidang MPR: Presiden Sebut Pemberian Bansos Dilanjutkan, UMKM Diperkuat

Perjalanan Tim Ekspedisi UMKM 2022 akan dikupas di Solopos.com, media sosial Solopos Media Group, dan Harian Solopos.

 

Banner Ekspedisi UMKM 2022



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode