SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bersama perwakilan dari Shopee Indonesia seusai konferensi pers di Loji Gandrung Solo, Senin (23/5/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akan berada di Paris, Prancis, selama lima hari untuk memimpin rombongan pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM menggelar pameran berbagai produk kreatif unggulan dan kebudayaan.

Bila tidak ada perubahan, Gibran akan berangkat pada 5 Juni 2022. Hal itu ia sampaikan saat konferensi pers Pameran Produk UMKM di Paris, Senin (23/5/2022), di Loji Gandrung, Solo. Hadir dalam acara itu Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handika Jahja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada juga Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira. Mereka menjelaskan pameran produk UMKM Solo di Paris akan berlangsung pada 8 Juni 2022 hingga 15 Juli di BHV Marais, mal yang satu grup dengan galeri Lafayette.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kemarin ada tim yang ke Solo, ngobrol sama Mas Gibran dan tertarik dengan keberagaman budaya di Solo, sangat antusias membawa kultur budaya Solo ke sana untuk ditunjukkan. Kami berharap dari acara ini bisa mengenalkan budaya Solo,” ujar Radynal.

Radynal menjelaskan pameran produk unggulan UMKM itu merupakan kolaborasi KBRI di Prancis dengan Pemkot Solo. Shopee Indonesia terlibat dalam kegiatan itu untuk mendukung. Sebab sebagian peserta pameran diambil dari program Shopee Kampus UMKM Solo.

Baca Juga: Geliatkan UMKM Soloraya, OJK Solo Dorong Optimalisasi Peran TPAKD

Produk Sudah Diseleksi

“Target yang kami tetapkan tahun lalu 10.000 eksportir dari Solo sudah tercapai, sebelum 1 tahun. Dari perkembangan ini, antusiasme, dan ekosistem yang terbentuk, kami berpikir apa lagi yang bisa dilakukan untuk menyemangati UMKM karya Solo,” urainya.

Sedangkan Gibran mengatakan akan berangkat bersama dua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Solo. Tapi ia tidak menyebutkan siapa saja kepala OPD yang akan bersamanya ke Paris. “Lima hari di sana, ada dua kepala dinas ikut,” katanya.

Ihwal produk UMKM yang akan dipamerkan di BHV Marais, menurut Gibran, sudah diseleksi dan merupakan unggulan dari Solo, bukan Soloraya. Dia menekankan keberangkatannya ke Paris sebagai aktualisasi atas apa yang sudah dikerjakan di Shopee Kampus UMKM Solo.

Baca Juga: Wali Kota Gibran Dorong UMKM Solo Naik Kelas dan Ramah Lingkungan

“Di sana sudah banyak UMKM Solo yang dibina, diinkubasi, saatnya bawa barang-barang unggulan kita untuk pameran dan showcase kan di Paris,” tandasnya. Produk-produk yang dibawa ke Paris berupa produk fashion seperti batik, dan perlengkapan rumah.

Ada juga produk kerajinan tangan, maupun produk kreatif lain buatan Solo. “Yang jelas 5 Juni 2022 saya akan berangkat. Kami sudah seleksi barang-barang unggulan,” terangnya. Untuk kegiatan selama di Paris Gibran akan fokus kegiatan pameran dan jualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya