5 Hal yang Wajib Diperhatikan Pengguna Motor dengan Sistem Rem ABS

Lima hal yang harus diperhatikan dalam merawat rem dengan sistem ABS.
5 Hal yang Wajib Diperhatikan Pengguna Motor dengan Sistem Rem ABS
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rem ABS pada Bajaj Pulsar RS200. (Motoroids.com)

Solopos.com, JAKARTA – Motor anda menggunakan sistem rem anti lock braking system atau ABS? Mengingat fungsi vitalnya, penggunaan rem ABS butuh memperhatikan faktor penting dalam perawatannya.

Sebagaimana dilansir Detik.com, Kamis (16/9/2021), ABS perlu mendapat perhatian khusus. Fitur ABS berfungsi mencegah kedua roda terkunci dan kehilangan traksi saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro mengatakan pengendara disarankan rutin mengecek komponen rem ABS dan pendukung lainnya agar berkendara lebih menyenangkan.

Menurut Antonius Widiantoro pengguna rem ABS perlu memperhatikan lima hal berikut.

Baca Juga: Pikap Legendaris 2 Tak, Suzuki ST20 alias Trungtung Dibanderol Hingga Rp26 Juta

Mengecek kondisi minyak rem dengan memastikan volume minyak rem di tangka reservoir sesuai standar. Untuk ABS pada motor Yamaha, proses penggantian minyak rem disarankan setiap 20.000 km atau setiap satu hingga dua tahun sekali disesuaikan dengan pemakaian motor.

Berikutnya, penting bagi pengendara mengecek kondisi kanvas rem. Komponen berfungsi penjepit piringan cakram dengan bantuan kaliper. Kanvas rem wajib dicek dan dibersihkan secara rutin untuk menghilangkan kotoran dan minyak.

Kanvas rem yang mulai aus biasanya ditandai dengan permukaan menipis. Ada garis batas yang bisa ditengarahi mulai tergerus saat kanves rem aus. Jika sudah demikian, sebaiknya pengendara segera menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: Bersihkan Jamur Kaca Mobil, Cara Ini Bisa Anda Lakukan di Rumah

Yang ke tiga, memperhatikan selang rem. Pastikan selalu mengecek bagian yang menghubungkan tuas rem dan kaliper ini. Fungsi selang rem adalah sebagai media minyak rem mendorong kaliper secara hidrolik sehingga proses penjepitan piringan cakram bisa terjadi mulus.

Permasalahan yang biasa terjadi pada selang adalah retak, bocor dan tertekuk. Jika ini terjadi maka kerja sistem rem ABS tak akan maksimal.

Rajin membersihkan kaliper dan cakram rem menjadi hal ke empat yang wajib diperhatikan pengendara. Komponen ini jarang rusak namun tetap wajib dirawat dan dipastikan kondisinya. Debu, tanah, minyak serta kotoran lain yang menempel di bagian ini harus rutin dibersihkan.

Baca Juga: Waduh! Jasa Pembuatan SIM Mejeng di Beberapa Marketplace

Selain itu, piringan cakram dan kaliper harus dipastikan tidak kendur. Kondisi kendur bisa menyebabkan goyangan atau getaran yang membuatnya cepat aus.

Terakhir, pengguna rem ABS bisa mengecek indikator. Pada Yamaha All New NMax 155 Connected ABS, indikator ABS bisa dilihat pada bagian speedometer. Lampu indikator akan menyala jika terjadi malfungsi pada sistem pengereman.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago