SOLOPOS.COM - KRL Jogja Solo. (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, KLATEN — KRL Solo-Jogja beroperasi selama satu tahun per Maret 2022. Pandemi nyatanya tak menyurutkan antusiasme masyarakat bepergian menggunakan jasa layanan kereta api listrik. Seperti disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, KRL Solo-Jogja telah melayani sekitar 2 juta penumpang selama setahun ini.

Dikutip dari Antara (6/2/2022), Menhub menyampaikan kehadiran KRL berkontribusi pada pengurangan angka konsumsi BBM hingga 51,7 persen. Ia juga berharap peralihan minat masyarakat menggunakan KRL sebagai moda transportasi umum dapat meningkat hingga 50 persen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Siap-Siap, KRL Jalur Solo-Palur Segera Beroperasi!

Namun, tak sedikit warga yang hingga kini masih kebingungan dengan syarat dan aturan naik KRL. Dikutip dari laman resmi krl.co.id dan pengalaman pribadi Solopos.com, berikut kami sajikan pedoman mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum naik KRL Solo-Jogja.

1. Pastikan Saldo Anda Mencukupi

Pastikan Anda memiliki Kartu Multi Trip (KMT) atau uang elektronik (e-money), atau LinkAja. Setelah itu, Anda juga memiliki saldo cukup dan siap digunakan, minimal Rp8.000. Apabila perlu, cek aktivasi, saldo & status KMT/uang elektronik Anda melalui mesin pembaca saldo di stasiun.

Jika saldo KMT Anda kurang untuk bepergian maka Anda dapat mengisi saldo di mesin isi ulang KMT yang tersedia di stasiun KRL.

Baca Juga : Menhub: Kehadiran KRL Solo-Jogja Kurangi Konsumsi BBM hingga 51,7%

2. Pindai PeduliLindungi dan Cek Suhu

Petugas KRL akan mengarahkan Anda untuk terlebih dahulu memindai barcode PeduliLindungi dan cek suhu sebelum masuk melalui gate. Suhu tubuh maksimal 37,3 derajat Celcius untuk dapat masuk ke area stasiun.

3. Penting! Pakai Masker Ganda

Apabila masker Anda termasuk jenis masker medis maka harus menggunakan double masker. Tetapi, jika jenis masker Anda N95, KN95, KF94 maka tidak perlu menggunakan masker double. Hal ini untuk meminimalisir risiko penularan virus Covid-19 di dalam kereta.

Baca Juga : Wah, Kartu Multi Trip KRL Solo-Jogja bakal Diintegrasikan dengan Bus

4. Tap and Go

Begitu sampai stasiun, Anda cukup menempelkan kartu atau tap-in saat masuk gate stasiun.

5. Ikuti Aturan

Tunggu KRL Solo-Jogja di peron sesuai tujuan. Jangan lupa, Anda harus berdiri di belakang garis aman atau garis kuning yang telah ditentukan. Dahulukan pengguna KRL yang turun apabila Anda hendak naik.

Setelah berhasil masuk kereta, jangan lupa jaga jarak aman dan tetap patuhi protokol kesehatan. Hati-hati di jalan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya