SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mencanangkan 10 program prioritas pembangunan Solo pada 2022 ini. Dari 10 program itu, hanya lima yang disebutnya akan selesai pada akhir tahun ini, sedangkan lima lainnya akan dilanjutkan tahun berikutnya.

Gibran melalui akun Twitternya @gibran_tweet, Kamis (27/10/2022) malam, mengunggah foto 10 program prioritas pembangunan Kota Solo dan memberi keterangan program mana saja yang selesai akhir tahun ini. “Yg akhir tahun ini selesai nomer 1, 4, 5, 6 (fase 1), dan 7,” tulis Gibran dalam unggahan yang menyertakan foto daftar 10 program prioritas pembangunan Kota Solo itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sesuai gambar tersebut, nomor 1 adalah pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang disebut akan menjadi destinasi wisata religi terbaru di Kota Solo. Masjid hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) untuk Presiden Jokowi ini rencananya diresmikan pada 17 November.

Lalu nomor 4 dari 1o program prioritas Gibran yang tak selesai tahun ini adalah pembangunan Solo Technopark menjadi pusat pengembangan UMKM, pelatihan cyber security, pelatihan gaming, pembuatan bed untuk rumah sakit dan lainnya.

Berikutnya nomor 5 adalah penataan koridor Ngarsopuro dan Gatot Subroto (Gatsu). Koridor ini nantinya untuk sentra UMKM dan budaya dengan adanya area pementasan seni budaya masyarakat yang siap diadu dengan Malioboro di Jogja.

Baca Juga: Masuk 10 Program Prioritas Gibran, Gedung Lokananta Solo Sudah Dikosongkan

Kemudian nomor 6 dalam daftar 10 program prioritas Gibran untuk pembangunan Solo adalah revitalisasi kebun bintang Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Ruang Publik yang Lebih Tertata

Pengembangan TSTJ yang dilakukan investor Taman Safari Indonesia akan selesai pada akhir tahun ini untuk fase 1. Itu artinya akan ada fase-fase berikutnya pada revitalisasi kebun binatang tersebut.

Terakhir, program prioritas Gibran yang selesai akhir tahun ini adalah pembangunan selter pedagang di Manahan Solo. Seperti diketahui, selter pedagang di sisi utara dan barat Stadion Manahan dibongkar kemudian dibangun ulang dengan konsep yang berbeda.

Nantinya seluruh pedagang akan dipusatkan di sisi barat stadion menghadap dengan Jl KS Tubun. Diharapkan setelah penataan, selter Manahan akan menjadi ruang publik yang lebih tertata sehingga lebih nyaman untuk aktivitas olahraga.

Baca Juga: STP Dan Lokananta Masuk, Ini 10 Prioritas Pembangunan Kota Solo 2022

Sementara itu, lima program prioritas lain yang tidak selesai pada tahun ini dan akan dilanjutkan pada tahun berikutnya adalah pembangunan Islamic Center yang satu paket dengan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Solo. Pembangunan Islamic Center ini baru dimulai dengan peletakan batu pertama bersamaan dengan peresmian Masjid Sheikh Zayed.

Kemudian pembangunan elevated rail atau rel layang dan underpass di Simpang Tujuh Joglo, Banjarsari, Solo, revitalisasi Lokananta, revitalisasi Taman Balekambang, dan Sentra IKM Mebel di bekas Pasar Mebel Gilingan Solo. Program prioritas ini juga dipastikan tidak selesai pada akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya