SOLOPOS.COM - Ilustrasi hubungan asmara (JIBI/Harian Jogja/google image)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Dalam hidup, Anda tentu pernah berhadapan dengan kritik, tak terkecuali di lingkungan kerja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tidak seperti berhadapan dengan teman, ada beberapa hal tak tertulis dalam menghadapi kritik yang dilontarkan kolega atau rekan kerja Anda.

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut cara terbaik menghadapi kritik di kantor:

1. Jangan Berdebat
Sebaiknya, dalam lingkungan kantor, Anda menghindari perdebatan, baik dengan rekan kerja apalagi dengan bos Anda. Bersikaplah tenang dan obyektif dalam menerima kritik secara terbuka.

2. Bicara Pada Inti
Jika Anda merasakan ganjalan atau ketidaknyamanan dalam lingkungan bekerja, sebaiknya utarakan langsung secara terbuka pada orang yang bersangkutan daripada bergosip di belakangnya dan ketahuan.

3. Percaya Diri
Jika Anda merasa benar, tunjukkan Anda tidak takut dan percaya diri untuk dapat membela diri Anda dengan sikap dewasa. Anda pun harus siap dengan fakta dan sanggahan untuk menangkis balik kritik mereka.

4. Jangan Menyerah
Kritik ada yang membangun, ada pula yang menjatuhkan. Anda tidak perlu menanggapi kritik atau komentar negatif hingga kehilangan rasa percaya diri. Abaikan saja kritik yang tidak membangun dan jangan pernah menyerah.

5. Tetap Positif
Hadapi kritik dengan sikap positif. Siapa tahu kritik yang menghampiri Anda justru dapat membangun dan menjadikan diri Anda lebih baik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya