SOLOPOS.COM - Sejumlah warga saat melakukan pencarian terhadap seorang bocah berusia lima tahun yakni Insan Fauzi yang terseret arus Sungai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Selasa, (27/10/2021). (Antara/HO/Tim SAR)

Solopos.com, SUKABUMI — Lima bocah yang sedang asyik berenang di Muara Sungai Palangpang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terseret arus mengakibatkan satu di antaranya hilang tenggelam dan hingga kini masih dalam pencarian.

“Dari lima bocah yang terseret arus Sungai Palangpang, empat berhasil diselamatkan namun seorang lainnya atas nama Insan Fauzi, 5, terseret arus dan hilang tenggelam. Tim SAR gabungan saat ini masih melakukan pencarian, di sekitar lokasi kejadian,” Kasatpolair Polres Sukabumi AKP Tri Andi Affandi di Sukabumi seperti dikutip Antara, Selasa (26/10/2021).

Promosi BRI Peduli Salurkan Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir di Grobogan dan Demak

Informasi yang dihimpun dari pihak kepolisian dan personel SAR Daerah Kabupaten Sukabumi, peristiwa yang menimpa lima bocah berawal saat mereka berenang di Muara Sungai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas sekitar pukul 16.15 WIB.

Minta Tolong

Keceriaan lima bocah itu berubah menjadi malapetaka setelah terdengar suara teriakan minta tolong dari para korban.

Warga yang melihat kejadian itu, tanpa dikomandoi langsung memberikan pertolongan untuk menyelamatkan mereka.

Dengan alat seadanya, warga pun berhasil mengevakuasi empat anak dalam kondisi selamat meskipun saat ini masih mengalami trauma setelah kejadian yang baru saja menimpanya.

Tapi sayang, warga yang terus berupaya menggapai tubuh mungil Insan tidak berhasil menjangkaunya dan tubuh bocah berusia lima tahun itu pun tenggelam dan menghilang di dalam sungai yang alirannya menuju lautan itu.

Baca Juga: Tak Bisa Renang, Bocah asal Grobogan Tenggelam di Saluran Irigasi 

“Dugaan sementara, kecelakaan sungai yang menimpa para korban ini akibat arus bawah Sungai Palangpang yang cukup deras ditambah mereka tidak bisa berenang. Untuk pencarian kami lanjutkan hari besok dan tim SAR dari berbagai instansi, lembaga dan komunitas sudah berada di lokasi kejadian,” tambah Tri.

Sementara, Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi Okih Fajri mengatakan pada operasi SAR ini pihaknya menurunkan tim awal dengan jumlah personel tiga orang dan mengirimkan satu unit ruberboat.

Baca Juga: Bermain Lompat ke Sungai dari Jembatan, Santri di Demak Hanyut 

Lokasi kejadian yang merupakan muara sungai ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi terhadap korban yakni terseret hingga laut atau masih berada di sekitar muara.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh personelnya yang ikut dalam melakukan pencarian untuk berhati-hati karena cuaca yang awalnya cerah bisa langsung berubah menjadi buruk.

Dalam operasi SAR ini melibatkan personel dari Polair Polres Sukabumi, Posmat TNI AL Ciwaru, Sarda Kabupaten Sukabumi, Balawista unsur TNI, relawan, masyarakat serta potensi SAR lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya