5 Bahan Rumahan Ini Bisa Percepat Penyembuhan Anosmia, Coba Yuk!

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mempercepat penyembuhan anosmia, salah satunya dengan melakukan latihan membau atau smell training secara alami dan rutin.
5 Bahan Rumahan Ini Bisa Percepat Penyembuhan Anosmia, Coba Yuk!
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencium bau lemon (freepik)

Solopos.com, SOLO — Anosmia adalah salah satu gejala khas pasien Covid-19. Kondisi anosmia terjadi ketika seseorang kehilangan fungsi indra penciumannya secara sementara karena adanya gangguan pada sel saraf penciuman yang bisa dipicu misalnya oleh penyakit flu/pilek atau kelainan tertentu.

Untuk mengetahui Anda mengalami anosmia atau tidak, cobalah membaui aroma yang sering Anda cium setiap hari misalnya parfum, aroma masakan, aroma kopi dan lain-lain. Jika ternyata ada penurunan atau hilangnya aroma tersebut dari indra penciuman, kemungkinan Anda terkena anosmia.

Apakah wajar jika kita sesekali tidak bisa mencium bau? Mengutip unggahan akun Instagram @pandemictalks, Senin (20/12/2021), jawabannya tidak wajar, karena selama kondisi tubuh sehat dan tidak ada masalah dengan penyakit lain seperti gangguan sinus, infeksi, trauma kepala, dan lain-lain, kita seharusnya bisa mencium bau.

Baca juga: Hipertensi Jadi The Silent Killer, Ini Tips Cegah Tekanan Darah Tinggi

Tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mempercepat penyembuhan anosmia. Salah satunya dengan melakukan latihan membau atau smell training secara alami dan rutin.

Metode smell training, mengutip artikel di laman rs-jih.co.id, dilakukan dengan mencium masing-masing bau selama 20 detik sebanyak dua kali sehari.
Berikut bahan-bahan yang dapat membantu mengembalikan fungsi indra penciuman pada penderita anosmia:

1. Lemon

Peras satu lemon dalam segelas air hangat lalu tambahkan satu sendok teh madu dan minum teh lemon ini dua kali sehari untuk melegakan tenggorokan dan juga hidung tersumbat.

2. Bawang putih

Rebus 4-5 siuang bawang putih yang sudah dihancurkan pada air mendidih selama dua menit dan tambahkan sedikit garam. Minum selagi masih panas dua kali sehari untuk mengembalikan indra penciuman.

Baca juga: Cara Tepat Perawatan Kaki untuk Penderita Diabetes

3. Jahe

Anda bisa mengonsumsi jahe dengan cara mengunyahnya sedikit untuk meningkatkan indra penciuman Anda.

4. Cabai

Bubuk cabai merah dapat membantu dalam menghilangkan flu. Campurkan dengan madu sebelum mengonsumsinya atau dapat dicampur dengan segelas air.

5. Daunt mint

Rebus 10-15 daun mint lalu saring dan minum campuran tersebut dengan satu sendok madu untuk membuka hidung yang tersumbat dan mengembalikan indra penciuman.

Baca juga: Anak Moms Sulit Konsentrasi Saat Belajar? Begini Cara Menanganinya



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terpopular
    Indeks Berita
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago