SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit tenggorokan. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah bahan alami untuk membantu redakan sakit tenggorokan akibat Omicron. Selain batuk dan pilek, sakit tenggorokan menjadi salah satu tanda atau gejala infeksi Covid-19 varian baru ini.

“[Pasien yang terinfeksi varian Omicron] banyak yang mengeluh tenggorokannya sakit dan biasanya diikuti dengan batuk-batuk kering dan mulai muncul sakit kepala, nyeri-nyeri badan, kemudian ada pilek atau hidung tersumbat, bahkan meler berair,” kata Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr. Erlina Burhan, seperti dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (11/2/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Long Covid-19 pada Penyintas Omicron, Mungkinkah Terjadi?

Berikut ini ada sejumlah bahan alami yang bisa Anda konsumsi guna membantu redakan sakit tenggorokan akibat Omicron:

1. Jahe

Salah satu bahan alami untuk redakan sakit tenggorokan akibat Omicron adalah jahe. Dikutip dari laman Sehatq, jahe mengandung antiradang. Kandungan tersebut yang dapat melegakan tenggorokan dan dapat membunuh bakteri tertentu yang menyebabkan radang. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan cara diseduh atau ditambahkan ke dalam teh hangat.

2. Kunyit

Dilansir dari Tempo, kunyit mengandung antioksidan yang yang mana bisa untuk mengobati berbagai infeksi maupun luka. Nah, untuk mengobati sakit tenggorokan, Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh kunyit bubuk dengan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat.

Baca Juga: Gencarkan Vaksin Booster, Pemerintah Antisipasi Kenaikan Varian Omicron

3. Yogurt

Teksturnya yang lembut dan dingin membuat yogurt cocok dikonsumsi pasien Omicron dengan gejala sakit tenggorokan. Di samping itu, protein yang ada di yogurt juga bisa membuat pasien kenyang.

4. Madu

Madu mengandung zat antibakteri alami yang mampu menyembuhkan luka di tenggorokan. Anda bisa mengonsumsinya dengan diminum langsung atau dicampur dengan air putih maupun teh hangat.

Baca Juga: Begini Pendapat Pakar Soal Vaksin Booster Covid-19 Setiap Tahun

“Madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alaminya yang memungkinkannya bertindak sebagai penyembuh luka, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan. Madu juga dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus,” kata dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia, Charlotte Smith, MD.

5. Teh

Teh hijau mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga dapat menenangkan tenggorokan yang sedang meradang dan melawan infeksi di tenggorokan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya