SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes seleksi perangkat desa. (Solopos/Dok)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 5.217 pelamar mendaftar sebagai calon perangkat desa di Klaten. Pendaftaran calon perangkat desa sebelumnya dibuka di ratusan desa selama dua hari pada Kamis-Jumat (4-5/8/2022).

Ribuan orang itu mendaftar lowongan perangkat desa di 263 desa. Jumlah total formasi yang diperebutkan di ratusan desa itu sebanyak 455 formasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabid Penataan dan Administrasi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten, Agung Kristantana, menjelaskan tahapan selanjutnya, yakni seleksi administrasi. Para pendaftar diberi kesempatan melengkapi berkas persyaratan pendaftaran yang belum lengkap pada 10-11 Agustus 2022.

“Nanti ada tahap verifikasi berkas pendaftaran. Kemudian diumumkan dan ada waktu dua hari melengkapi berkas pendaftaran,” ujar Agung saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (7/8/2022).

Sebelumnya ada lowongan pengisian perangkat desa di 265 desa dengan jumlah total 458 lowongan. Mendekati pendaftaran, jumlah lowongan pengisian perangkat desa berkurang menjadi 455 lowongan.

Baca Juga: Desa di Klaten Ini Tak Gelar Seleksi meski Ada 3 Jabatan Perdes Kosong

“Salah satunya di Desa Gumul, Kecamatan Karangnongko. Pengisian perangkat desa ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Penyebabnya, kepala desa definitif sakit. Untuk proses pengisian perangkat desa ini harus dilakukan kepala desa definitif,” jelas dia.

Anggota TP3D Kalitengah, Kecamatan Wedi, L. Sukamta, mengatakan ada 12 pendaftar untuk lowongan jabatan Kaur Keuangan di Kalitengah. Mayoritas pendaftar lulusan S1 dan berumur di bawah 35 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya