SOLOPOS.COM - Ilustrasi Beasiswa (pelajarindonesia.org)

Ada 5.000 beasiswa LPDP yang disediakan 2018 untuk jenjang magister dan doktoral.

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menargetkan dapat menyediakan 5.000 beasiswa jenjang magister dan doktoral, baik di dalam maupun luar negeri pada tahun depan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Plt. Direktur Utama LPDP Luky Alfirman menyatakan jumlah tersebut naik hampir dua kali lipat dari jumlah kuota tahun ini yang ditargetkan mencapai 2.550 siswa sampai akhir tahun. Adapun, Luky mengatakan ada tiga jurusan yang menjadi prioritas dalam pemberian beasiswa LPDP secara keseluruhan.

“Sekarang kita lihat dan kerja sama dengan Bappenas dan Kemenristek Dikti. Pertama teknik [engineering], kedua sains, dan kedokteran. Itu yang jadi prioritas kita saat ini,” katanya, saat ditemui di Kantor Wakil Presiden, Rabu (27/9/2017).

Saat ini, Luky mengatakan jumlah dana abadi yang dikelola LPDP mencapai Rp20,6 triliun dan diharapkan dapat bertambah menjadi Rp10,5 triliun sampai akhir tahun.

Luky memastikan sistem pendaftaraan beasiswa pada tahun depan tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun ini, yakni dua kali gelombang pembukaan pendaftaran.

“Jadi akan dibuka dua kali dalam setahun. Yang semester I dibuka untuk yang di dalam negeri, dan yang semester II untuk luar negeri,” ujarnya.

Adapun, dua gelombang tersebut dinilai lebih praktis dalam pengelompokan sesuai dengan wilayah studi, di dalam negeri atau di luar negeri. Pada tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran dilakukan hingga empat kali dalam satu tahun namun tidak mengelompokkan pendaftaran untuk menempuh studi di kampus lokal atau di kampus luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya