46 Tenant Ramaikan Semarak SGS 2022 di Atrium Solo Square

Event festival dan bazar tersebut digelar di Atrium Solo Square Mall Jl. Slamet Riyadi Solo akan berlangsung selama empat hari mulai Jumat (30/9/2022) hingga Senin (3/10/2022).

Jumat, 30 September 2022 - 19:29 WIB Penulis: Afifa Enggar Wulandari Editor: Anik Sulistyawati | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Tenant-tenant UMKM di Semarak SGS 2022 di Atrium Solo Square Mall digelar Jumat (30/9/2022) hingga Senin (3/10/2022).(Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Ketua Panitia Solo Great Sale (SGS) 2022, M Farid Sunarto resmi membuka Semarak Solo Great Sale 2022. Event festival dan bazar tersebut digelar di Atrium Solo Square Mall Jl. Slamet Riyadi Solo akan berlangsung selama empat hari mulai Jumat (30/9/2022) hingga Senin (3/10/2022).

Semarak SGS 2022 bekerja sama dengan Solo Square Mall, Lee Mart Production, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Solo dan Solopos. Lee Mart Production sendiri menggandeng 46 tenant yang terdiri dari berbagai macam jenis di antaranya kuliner, craft atau kerajinan, mebel, fashion, batik, dan kopi.

“Ada 46 total. fashion batik, furniture, craft, kopi,” kata Owner Lee Production, Martoyo saat diwawancara Solopos.com usai pembukaan acara.

Martoyo menilai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) perlu diberikan ruang baru untuk mengembangkan usaha mereka. Salah satunya melalui bazar dan pameran. Ia melihat kreativitas dan jiwa kompetitif UMKM bisa timbul dalam ruang-ruang bazar.

Pemberdayaan UMKM menjadi salah satu misi yang diusung dalam Semarak SGS 2022. Tak heran, sebanyak 46 tenant UMKM dari berbagai daerah bisa turut hadir. Mulai dari Soloraya, Madiun, Yogyakarta, hingga Pekalongan. Pengalamannya sebagai pelaku UMKM lah yang mendasari Martoyo mengusung tujuan pemberdayaan UMKM.

Baca Juga: SGS 2022 Beri Sensasi Keseruan Belanja Virtual 3D

“Pemberdayaan UMKM yang utmaa. Karena kalau tidak ada pameran, kalau mereka balik ke rumah, itu kondisi [seperti pandemi Covid-19] balik lagi. Kalau ada pameran ide hidup, variasi, dan kreatifitas muncul,” katanya.

Selama empat hari ke depan, akan ada pameran produk UMKM, produk kopi, kontes barista, produk batik, demo membatik, fashion show, bincang bisnis, dan live music. Kopi dan batik sengaja diangkat dalam Semarak SGS 2022. Hari Kopi Sedunia jatuh pada Senin (1/10/2022) semenatra Hari Batik Nasional jatuh Selasa (2/10/2022). Karena itu, Martoyo sengaja menghadirkan berbagai produk dan event batik dan kopi sekaligus untuk memperingati kedua hari peringatan itu.

“Kebetulan di awal Oktober ini banyak hari spektakuler. Karena keberangkatan saya dari UMKM maka saya angkat UMKM dan ada kopi dan batik,” lanjutnya.

Baca Juga: SGS 2022 Digelar saat Low Season Hotel dan Restoran, Ini Alasannya

Owner Barsol, Ricci Nur Indrasari menjadi salah satu tenant yang terlibat dalam kontes barista. Barsol sendiri merupakan supplier perlengkapan coffee shop di Solo.

Melalui kontes barista, Ricci berharap persaudaraan dan kolaborasi para barista dan pengusaha kopi bisa makin erat. Tak hanya itu, kontes barista diharapkan bisa meningkatkn kreativitas dan kompetisi antar barista.

“Iya betul [terlibat]. Kami sebagai supplier harapannya bisa selalu berhubungan baik dengan teman-teman barista. Mereka juga makin kreatif kalau diasah dalam kontes,” kata Ricci saat diwawancara Solopos.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif