SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, (kiri), saat menerima 440 mahasiswa UDB Solo di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar pada Senin (5/12/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 440 mahasiswa Universitas Duta Bangsa atau UDB Solo mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Periode 2 tahun 2022 di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menerima langsung ratusan mahasiswa UDB Solo itu di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar pada Senin (5/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karanganyar, Kepala Baperlitbang Karanganyar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Karanganyar, dan perwakilan dari Kecamatan Matesih, Karangpandan, Jatiyoso, dan Jatipuro.

Sebanyak 440 mahasiswa UDB Solo menjalani KKN Tematik di empat kecamatan tersebut di Kabupaten Karanganyar.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan terima kasih karena UDB Solo telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Karanganyar sebagai tempat KKN Tematik Periode 2.

Baca Juga : Seru, Mahasiswa & Dosen Hukum UDB Solo Kuliah Lapangan ke DPMPTSP Jateng

Bupati berharap para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dapat menjadi insan-insan yang bermanfaat dalam menyampaikan ide-ide cemerlang kepada masyarakat, khususnya di desa setempat.

Pada kesempatan tersebut Wakil Rektor III UDB Surakarta, Rina Arum Prastyanti, mewakili Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta menyampaikan terima kasih atas sambutan baik dari Kabupaten Karanganyar.

“Kami menyampaikan harapan agar seluruh mahasiswa peserta KKN dapat memberikan kontribusi terbaik dalam pengembangan masyarakat desa,” ujar dia.

Dia juga menyampaikan bahwa pihak kecamatan tempat KKN Tematik UDB Solo menyambut hangat kedatangan tim survei. Namun, dia mengingatkan mahasiswa UDB Solo agar menjaga norma dan menjunjung tinggi budaya setempat selama melaksanakan KKN Tematik.

Baca Juga : UDB Solo Ajak Siswa SMK PK Bumantara Muntilan Deklarasi Antiperundungan

“Saat melakukan survei ke empat kecamatan tersebut pihak kecamatan menyampaikan agar selama menjalankan KKN ini mahasiswa dapat fokus menjalankan seluruh program kerja KKN di 38 desa. Selain itu menjunjung tinggi budaya setempat dan mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan KKN Tematik Periode 2 UDB Surakarta ini mengusung tema Pemberdayaan Ekonomi dan Pariwisata untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa. KKN Tematik kali ini diketuai Khabib Alia Akhmad.

Ratusan mahasiswa itu akan melaksanakan KKN Tematik selama 45 hari di 38 desa yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Karanganyar, yaitu Matesih, Karangpandan, Jatiyoso, dan Jatipuro.

“Dalam kurun waktu tersebut mahasiswa didorong dapat menjadi agents of change yang memberikan kontribusi nyata di desa-desa tempat KKN Tematik. Mahasiswa dapat berbaur dengan masyarakat untuk bahu-membahu melakukan perubahan di berbagai sektor, khususnya ekonomi dan pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.”

Baca Juga : Prodi Sistem Informasi UDB Solo Kembangkan Pembelajaran Berbasis Pengalaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya